Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Simak! Ini Batas Waktu Salat Zuhur Menurut Hadist

Berikut awal dan batas waktu salat zuhur menurut hadist riwayat Muslim.
Anshary Madya Sukma
Anshary Madya Sukma - Bisnis.com 05 April 2022  |  13:43 WIB
Simak! Ini Batas Waktu Salat Zuhur Menurut Hadist
Ilustrasi seorang pria menjalankan ibadan Salat - Freepik
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Salat merupakan kewajiban untuk umat muslim karena salat merupakan tiangnya agama Islam dan juga termasuk kedalam rukun Islam yang ke-2. Dalam waktu pelaksanaanya salat memiliki 5 waktu yang wajib dilaksanakan, seperti subuh, zuhur, ashar, maghrib dan isya.

Dalam ketentuan waktunya salat memiliki waktu awal dan batas akhir, tak terkecuali dengan zuhur yang dimulai ketika matahari sudah mulai bergeser menuju barat dan batas akhir saat matahari mulai condong ke arah barat sampai bayangan suatu benda menjadi sama panjang dengan benda tersebut.

Dilansir dari Muslim.or.id pada Selasa (5/4/2022), qaktu salat zuhur merupakan kesepakatan seluruh kaum muslimin yang bersumber dari dalil hadits Nabi Shollallahu ‘alaihi was sallam dari sahabat ‘Abdullah bin ‘Amr rodhiyallahu ‘anhu yang berbunyi :

Waktu Sholat Zhuhur adalah ketika telah tergelincir matahari (menuju arah tenggelamnya) hingga bayangan seseorang sebagaimana tingginya selama belum masuk waktu ‘Ashar……….” (HR. Muslim No. 612).

Lalu, untuk batas akhir dari salat zuhur pernah terjadi perdebatan antara ulama. Namun, akhirnya sepakat dengan hasil bahwa batas akhir salat zuhur pada saat panjang bayang-bayang seseorang semisal dengan tingginya (masuknya waktu ‘ashar) dan dalilnya sama seperti ketentuan awal salat zuhur

Ada juga yang mengatakan bahwa salat zuhur dapat diketahui dengan menghitung antara terbitnya matahari sampai tenggelamnya maka waktu zuhur dapat diketahui denga membagi dua waktu tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Puasa Ramadan salat
Editor : Feni Freycinetia Fitriani
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top