Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Alokasi Dana Desa Tembus Rp468 Triliun, Jokowi Ingatkan Pejabat Desa Hati-Hati

Dana yang telah disalurkan untuk desa hingga tahun ini mencapai Rp468 triliun.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 29 Maret 2022  |  16:45 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin upacara peringatan HUT ke-76 TNI pada Selasa (5 - 10) di Istana Negara, Jakarta / Youtube Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin upacara peringatan HUT ke-76 TNI pada Selasa (5 - 10) di Istana Negara, Jakarta / Youtube Sekretariat Presiden

Bisnis.com, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyampaikan dana yang telah disalurkan untuk desa hingga tahun ini mencapai Rp468 triliun. 

"Jangan dipikir ini uang kecil, ini besar sekali. Dalam sejarah negara ini berdiri, desa diberi anggaran sampai Rp468 triliun belum pernah,"  katanya dikutip dari YouTube Setpres, Selasa (29/3/2022). 

Untuk itu, Jokowi mengingatkan perangkat desa yang tergabung dalam Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) untuk berhati-hati dalam pemanfaatannya.

Kepala Negara juga berencana menambah dana operasional desa bagi pemerintah desa menjadi 4 atau 5 persen dari total anggaran pada tahun mendatang dari sebelumnya 3 persen. 

Menurutnya, kenaikan tersebut layak diberikan karena kerja keras perangkat desa yang telah menghasilkan banyak infrastruktur penopang pertumbuhan ekonomi desa seperti jalan desa, jembatan, dan yang lainnya. 

Jokowi menyebutkan saat ini telah terbangun 227.000 kilometer jalan desa. Walhasil, jika dibandingkan dengan jumlah desa yang mencapai 74.900, maka per desa mendapat tambahan 3 kilometer jalan desa. 

"Ini pekerjaan yang besar buat saya, tapi masih ada yang sanksi," imbuhnya. 

Eks Gubernur Jakarta ini meminta seluruh perangkat desa mengutamakan pembangunan dan perbaikan jalan desa yang menghubungkan sentra produksi pertanian/perkebunan dengan pasar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi dana desa
Editor : Edi Suwiknyo

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top