Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kemlu Angkat Bicara soal Rencana Kedatangan Putin ke G20 di Bali

Kemlu RI menyampaikan tanggapan terkait polemik kedatangan Presiden Rusia Vladimir Putin ke KTT G20 di Bali, Indonesia.
Presiden Rusia Vladimir Putin memasuki aula untuk bertemu dengan kandidat yang berpartisipasi dalam pemilihan presiden sesi terakhir, di Kremlin di Moskow./Reuters
Presiden Rusia Vladimir Putin memasuki aula untuk bertemu dengan kandidat yang berpartisipasi dalam pemilihan presiden sesi terakhir, di Kremlin di Moskow./Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Luar negeri (Kemlu) angkat bicara terkait rencana kedatangan Presiden Rusia Vladimir Putin ke G20 Indonesia di Bali.

Duta Besar Rusia untuk Indonesia sebelumnya mengabarkan bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin masih berencana menghadiri penyelenggaraan G20.

Beragam respons pun bermunculan terkait rencana kedatangan Putin, di antaranya ada beberapa negara yang mengancam tidak akan menghadiri KTT G20 jika Indonesia tetap memfasilitasi kedatangan Putin. Hal ini disebabkan serangan yang dilakukan Rusia terhadap Ukraina.

Menanggapi hal tersebut, Duta Besar RI sekaligus Stafsus Program Prioritas Kemlu dan Co-Sherpa G20 Indonesia, Triansyah Djani menegaskan bahwa Indonesia yang kini memegang Presidensi G20 akan tegak lurus dengan aturan yang ada.

"Sebagai Presidensi [G20], tentunya dan sesuai dengan presidensi-presidensi sebelumnya adalah untuk mengundang semua anggota G20, bahwa diplomasi Indonesia selalu didasarkan pada prinsip-prinsip based on principal," kata Triansyah dalam koferensi pers virtual, Kamis (24/3/2022).

Menurutnya, Indonesia profesional dalam memimpin setiap forum atau kegiatan bertaraf internasional sehingga sebagai Presidensi G20 tahun 2022, Indonesia berkewajiban untuk mengundang semua anggotanya.

Triansyah mengajak seluruh pihak untuk tetap fokus pada agenda utama G20 yakni pemulihan ekonomi global yang menjadi kebutuhan banyak penduduk dunia.

Apalagi, sambungnya, ada banyak negara berkembang yang membutuhkan solusi dari G20 untuk bangkit dari keterpurukan ekonomi hingga saat ini.

"Kita akan kontinu untuk melaksanakan tugas kita seperti halnya presidensi-presidensi sebelumnya," ungkapnya.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Rusia Vladimir Putin dikabarkan bakal menghadiri perhelatan G20 di Bali, Indonesia. Hal tersebut dikonfirmasi langsung oleh Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobieva.

“Tergantung pada situasi. Sejauh ini, [Putin] mau datang,” kata Vorobieva saat konferensi pers kemarin, Rabu (23/3/2022).

Vorobieva menjelaskan bahwa G20 bukan merupakan sebuah pertemuan untuk membahas krisis di Ukraina. Agenda tersebut untuk meningkatkan masalah perekonomian dunia.

“Mengeluarkan Rusia tidak akan membantu masalah ekonomi,” ujarnya.

Rusia, tambah Vorobieva, mendukung penuh Presidensi Indonesia dalam ajang G20 tahun ini. Dia pun heran dengan banyaknya negara-negara Barat yang ingin mengeluarkan Rusia dari keanggotaan G20.

“Apa yang mereka lakukan adalah merusak keseluruhan karakter yang sudah dibangun dalam beberapa dekade,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper