Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kemlu: 133 WNI Berhasil Dievakuasi dari Ukraina

Kemlu telah berhasil mengevakuasi 133 Warga Negara Indonesia (WNI) dari Ukraina di tengah serangan yang dilakukan Rusia.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 24 Maret 2022  |  20:43 WIB
25 WNI telah berhasil dievakuasi dari Odessa, Ukraina ke wilayah Rumania pada Minggu, 27 Februari 2022 / Twitter Kemlu_RI
25 WNI telah berhasil dievakuasi dari Odessa, Ukraina ke wilayah Rumania pada Minggu, 27 Februari 2022 / Twitter Kemlu_RI

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Luar Negeri RI (Kemlu) telah berhasil mengevakuasi total 133 Warga Negara Indonesia (WNI) dari Ukraina di tengah invasi yang dilancarkan Rusia ke negara tersebut.

Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia dan Badan Hukum Indonesia Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Judha Nugraha mengumumkan bahwa pemerintah Indonesia berhasil mengevakuasi 12 WNI di Ukraina hingga kembali ke Tanah Air.

"Pada 21 Maret lalu, 12 warga negara Indonesia terdiri dari sembilan warga negara kita yang ada Chernihiv, dua WNI yang ada dari Dnipro dan satu WNI yang ada di Kiev beserta 1 warga negara Ukraina yang merupakan orang tua dari 2 anak Dnipro, telah tiba di Jakarta," kata Judha dalam konferensi pers, dikutip dari YouTube MoFa Indonesia, Kamis (24/3/2022).

Judha melanjutkan, ke-12 WNI tersebut juga telah melalui proses karantina dan saat ini sudah dipulangkan ke daerahnya masing-masing.

Dari 12 WNI tersebut, sambungnya, 9 diantaranya merupakan pekerja migran yang berasal dari Binjai, Sumatra Utara.

"Alhamdullilah mereka sudah berkumpul kembali dengan keluarga," ujarnya.

Dengan demikian, Judha mengungkapkan proses evakuasi WNI di Ukraina telah selesai dengan total 133 orang yang dipulangkan ke Indonesia.

Judha menambahkan, ada 23 WNI yang memilih tetap tinggal di Ukraina dan kini KBRI di Kiev terus menjalin komunikasi dengan mereka guna memastikan kondisi terkininya.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Rusia wni kemenlu Ukraina Perang Rusia Ukraina
Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top