Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

6 Amalan yang Bisa Anda Lakukan Menyambut Bulan Ramadan

Simak 6 amalan yang bisa Anda lakukan untuk menyambut datangnya bulan Ramadan 1443 H.
Anshary Madya Sukma
Anshary Madya Sukma - Bisnis.com 23 Maret 2022  |  19:06 WIB
Ilustrasi berdoa menyambut bulan suci Ramadan - Istimewa
Ilustrasi berdoa menyambut bulan suci Ramadan - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Sekitar dua pekan lagi, umat Islam akan kembali bertemu dengan bulan Ramadan 1443 H. Simak 6 amalan yang bisa Anda lakukan untuk menyabut bulan suci Ramadan. 

Bulan Ramadan juga memiliki keistimewaan selain ibadah puasa. Allah SWT berjanji akan mengampuni dosa-dosa di masa lalu, membuka pintu surga dan menutup pintu neraka, membelenggu setan, dan mengabulkan doa umat yang beriman. Di bulan ini, juga terjadi malam seribu bulan (lailatul qadr).

Nah, untuk mendapatkan keistimewaan, berikut 6 amalan yang disarankan untuk dilakukan menyambut bulan suci Ramadan seperti dilansir dari nu.or.id pada Rabu (23/3/2022). 

1. Menyambut Bulan Ramadan

Dengan menyambut bulan Ramadan umat Islam perlu menyambutnya dengan kegembiraan dan kebahagiaan. Karenanya, sebagaimana Allah SWT berfirman dalam surat Yunus ayat ke-58.

“Katakanlah: ‘Dengan kurnia Allah dan rahmatNya, hendaklah dengan itu mereka bergembira. Kurnia Allah dan rahmat-Nya itu adalah lebih baik dari apa yang mereka kumpulkan” (QS. Yunus [10]: 58).

2. Mengetahui Rukun Ramadan

Karena merupakan bulan yang dimuliakkan bulan Ramadhan juga harus disambut dengan pengetahuan yang mendalam. Dengan adanya pengetahuan tersebut maka bisa meningkatkan motivasi bagi umat Islam untuk menjalankan ibadah puasa dengan sebaik-baiknya. Disertai kegiatan banyak membaca, belajar, mengaji, dan bertanya kepada orang-orang yang alim di bidangnya.

Sebagaimana diketahui, sebagai suatu ibadah, puasa mempunyai ketentuan dan aturan yang harus dipenuhi agar dapat dianggap sah secara hukum fikih. Pengetahuan mengenai rukun dan hal-hal yang membatalkan puasa di dalam menjalankannya wajib dipelajari oleh setiap Muslim.

3. Perbanyak Do’a

Pada bulan Ramadan banyak karunia dan kenikmatan dalam beribadah. Seperti terdapat malam Lailatul Qadar, yaitu malam yang lebih baik seribu bulan. Pada malam ini Umat Islam dianjurkan untuk berdoa meminta ampunan atau meminta apapun yang diinginkan dan Doa juga dapat meningkatkan optimisme sekaligus memberikan pengakuan kehambaan, bahwa tidak ada peristiwa tanpa kehendak-Nya.

4. Perencanaan Kegiatan Bulan Ramadan

Membuat rencana diperlukan dalam menyambut bulan Ramadan, seperti merencakan tentang menu buka puasa dan sahur, berencana mengkhatamkan Al-Qur’an berapa kali, melakukan shalat malam, banyaknya sedekah dan berapa kali akan menghadiri pengajian. Hal ini berguna agar Umat muslim semakin bersemangat menyambut bulan Ramadan.

5. Persiapan Jiwa dan Raga

Pada saat bulan Sya’ban kita diajarkan Rasulullah untuk berlatih untuk menyambut bulan Ramadan seperti melakukan puasa. Agar terlatih saat menjalani puasa di bulan Ramadan.

6. Persiapan Finansial

Tentunya menyiapkan materi dan finansial diperlukan untuk persiapan bulan menghadapi bulan suci Ramadan, materil tersebut tidak hanya untuk berbuka puasa atau sahur saja akan tetapi untu sedekah. Karena akan sangat disayangkan jika melewati bulan Ramadan tanpa bersedekah.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

islam Puasa Ramadan
Editor : Feni Freycinetia Fitriani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top