Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Yoon Suk-yeol, Mantan Jaksa Agung Jadi Presiden Korea Selatan

Yoon Suk Yeol mengalahkan saingan utamanya Lee Jae-myung, dari kelompok liberal, dalam salah satu pemilihan presiden yang paling ketat di Korea Selatan.
Feni Freycinetia Fitriani
Feni Freycinetia Fitriani - Bisnis.com 10 Maret 2022  |  09:02 WIB
Yoon Suk-yeol, Mantan Jaksa Agung Jadi Presiden Korea Selatan
Presiden Korea Selatan terpilih Yoon Suk-yeol - Yonhap

Bisnis.com, JAKARTA - Yoon Suk Yeol, mantan Jaksa Agung, telah terpilih sebagai presiden baru Korea Selatan pada Kamis (10/3/2022).

Yoon Suk Yeol mengalahkan saingan utamanya Lee Jae-myung, dari kelompok liberal, dalam salah satu pemilihan presiden yang paling ketat di negara tersebut.

Dilansir dari Aljazeera pada Kamis (10/3/2022). Yoon Suk-yeol merah 48,6 persen suara atau menang tipis saingannya Lee Jae-myung 47,8 persen. Adapun, total perolehan suara yang dihitung lebih dari 98 persen.

Yoon mengatakan bahwa dia akan menghormati konstitusi dan parlemen dan bekerja dengan partai-partai oposisi ketika resmi menjabat sebagai pemimpin Negeri Ginseng tersebut. Dia menyebut hasil pemilihan sebagai “kemenangan orang-orang hebat”.

“Kompetisi kami sudah berakhir untuk saat ini. Kita harus bergandengan tangan dan bersatu menjadi satu untuk bangsa dan negara,” katanya dalam pidato penerimaan.

Pada upacara terpisah dengan para pendukung, Yoon mengatakan dia akan menempatkan prioritas utama pada persatuan nasional. Dia menambahkan semua orang harus diperlakukan sama terlepas dari perbedaan regional, politik, dan sosial ekonomi.

Yoon berjanji akan memperhatikan mata pencaharian masyarakat, memberikan layanan kesejahteraan yang hangat kepada yang membutuhkan.

"Saya akan melakukan upaya terbaik agar negara kita berfungsi sebagai anggota komunitas internasional dan dunia bebas yang bangga dan bertanggung jawab,” imbuhnya.

Yoon akan menjabat pada Mei 2022 dan menjalani masa jabatan lima tahun sebagai pemimpin ekonomi terbesar ke-10 di dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

presiden korea selatan ekonomi korea

Sumber : aljazeera.com

Editor : Feni Freycinetia Fitriani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top