Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mendikbudristek Nadiem Sayangkan 19.000 Desa Tidak Punya PAUD

Mendikbudristek Nadiem Makarim menyampaikan bahwa, ada ribuan desa yang belum memiliki satuan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 24 Februari 2022  |  12:00 WIB
Dua orang anak menggunakan masker pelindung wajah saat bermain di depan mural bertema Covid-19 di Jakarta, Senin (27/7/2020). - Antara\n\n
Dua orang anak menggunakan masker pelindung wajah saat bermain di depan mural bertema Covid-19 di Jakarta, Senin (27/7/2020). - Antara\\n\\n

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim menyampaikan bahwa, ada ribuan desa yang belum memiliki satuan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

"Berdasarkan data pokok pendidikan 2021 masih ada sekitar 19.000 desa yang belum memiliki satuan PAUD," ujarnya dalam Seminar Nasional Kepala Desa secara daring, Kamis, (24/2/2022)

Nadiem menyayangkan, bahwa hingga hari ini masih terdapat sekitar 19.000 desa yang tidak memiliki satuan PAUD, padahal lingkungan pendidikan tersebut memiliki peran krusial membentuk generasi penerus bangsa sejak dini.

Nadiem menilai rentang usia nol sampai enam tahun merupakan anak dengan periode perkembangan yang sangat cepat, baik dari segi fisik maupun kognitif.

"Usia PAUD atau usia nol sampai enam tahun dikenal sebagai usia emas. Baik rasa, sosial, emosional, sampai dengan moralitas," katanya.

Lebih lanjut, dia berharap ke depan anak Indonesia memiliki kesempatan mengakses PAUD bermutu, sehingga jajarannya dan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) akan berupaya secara maksimal dalam kolaborasi menghadirkan PAUD di desa-desa tersebut

"Ini harus menjadi kekuatan dari pembangunan desa. Kami yakin kolaborasi di tingkat kementerian dengan didukung pemda dan dinas akan terwujudnya pembangunan desa yang berkualitas," tutur Nadiem.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

paud Nadiem Makarim
Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top