Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jokowi Minta MA Hasilkan Langkah Strategis untuk Kurangi Hambatan Hukum

Jokowi meminta Mahkamah Agung (MA) terus menghasilkan langkah-langkah strategis dalam mengurangi hambatan hukum di Indonesia.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 22 Februari 2022  |  11:23 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan sambutan dalam acara Groundbreaking Proyek Hilirisasi Batu Bara Menjadi Dimetil Eter (DME), di Muara Enim, Sumsel, 24 Januari 2022 / BPMI Setpres
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan sambutan dalam acara Groundbreaking Proyek Hilirisasi Batu Bara Menjadi Dimetil Eter (DME), di Muara Enim, Sumsel, 24 Januari 2022 / BPMI Setpres

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta Mahkamah Agung (MA) terus menghasilkan langkah-langkah strategis dalam mengurangi hambatan hukum di Indonesia.

"Kami berharap Mahkamah Agung terus melakukan upaya-upaya strategis dalam mengurangi hambatan-hambatan hukum untuk percepatan pembangunan ekonomi, antara lain melalui percepatan penanganan perkara perdata melalui mekanisme gugatan sederhana. Mendorong konsistensi putusan serta melakukan reformasi pelaksanaan putusan," katanya dalam sidang istimewa laporan tahunan MA dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Senin (22/2/2022).

Jokowi juga menyampaikan, bahwa pemerintah terus mendorong transformasi di bidang hukum melalui reformasi struktural deregulasi dan debirokratisasi.

Menurutnya, hal itu diperlukan dalam rangka meningkatkan kepastian hukum dimana kemudian berdampak pula dalam peningkatan investasi karena keamanan yang semakin terjamin.

Tak hanya itu, Kepala Negara juga berharap terjadi penguatan akses peradilan bagi kelompok rentan yakni perempuan, anak, dan penyandang disabilitas.

"Kami juga berharap Mahkamah Agung tetap konsisten dalam memperkuat akses keadilan bagi kelompok rentan, yaitu perempuan, anak, dan penyandang disabilitas melalui penguatan peraturan, layanan, dan akses disabilitas di setiap lini pengadilan," ujar Jokowi.

Menurutnya, upaya penegakan hukum yang efektif oleh Mahkamah Agung akan berkontribusi mewujudkan kesejahteraan dan kestabilan sosial, memperkuat sistem demokrasi, dan mempercepat transformasi menuju Indonesia Maju.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi mahkamah agung
Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top