Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sambut Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022, Xi Jinping Jamu Kepala Negara

Winter Olympic yang digelar di Beijing dan Zhangjiakou, Provinsi Hebei, pada 4-20 Februari bersamaan dengan musim libur Tahun Baru Imlek yang juga dikenal sebagai liburan Musim Semi.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 05 Februari 2022  |  21:39 WIB
Sambut Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022, Xi Jinping Jamu Kepala Negara
Presiden China Xi Jinping melambaikan tangan di Beijing, China, 1 Juli 2021. China akan menyumbang dua miliar dosis vaksin dan 100 juta dolar untuk membantu negara-negara berkembang. - Antara/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Menyambut Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022, Presiden China Xi Jinping beserta istri Peng Liyuan menggelar jamuan makan untuk menyambut 30 kepala negara dan ketua organisasi internasional di Balai Agung Rakyat di Beijing, Sabtu (5/2/2022).

"Atas nama pemerintah dan rakyat China, atas nama istri dan pribadi, saya menyambut dengan hangat tamu-tamu istimewa yang datang ke China untuk menghadiri Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022," ujar Xi.

Dia pun menyampaikan terima kasih kepada semua negara, rakyat, dan organisasi internasional yang peduli dan mendukung Beijing Winter Olympic 2022.

"Kita perlu saling menjunjung tinggi rasa saling menghormati, kesetaraan, dialog dan konsultasi, berusaha menjembatani perbedaan dan menghilangkan konflik, dan bekerja sama untuk perdamaian dunia yang berkesinambungan," ujar pemimpin tertinggi Partai Komunis China itu.

Dalam pidatonya, Ci mengutip pepatah kuno China. "Tinggalkanlah tahun yang lama dengan suara petasan, sambutlah tahun yang baru dengan kehangatan anggur dan angin musim semi," ujarnya.

Kata-kata Xi sekaligus menandai dimulainya ritual bersulang antara tuan rumah dan tamu undangan yang memadati gedung besar di seberang Lapangan Tiananmen tersebut.

Winter Olympic yang digelar di Beijing dan Zhangjiakou, Provinsi Hebei, pada 4-20 Februari bersamaan dengan musim libur Tahun Baru Imlek yang juga dikenal sebagai liburan Musim Semi.

Sementara itu, tahun 2022 dalam tradisi China dikenal sebagai tahun harimau. "Harimau melambangkan kekuatan, keberanian, dan tak punya rasa takut. Saya berharap semua atlet yang berlaga di Olimpiade ini bisa tampil luar biasa sekuat harimau," ucap Xi.

Di antara 20 kepala negara dan kepala pemerintahan yang menghadiri acara pembukaan Winter Olympic 2022 di Stadion Nasional Beijing, Jumat (4/2) adalah Presiden Rusia Vladimir Putin, Presiden Mesir Abdel Fattah El Sisi, Perdana Menteri Pakistan Imran Khan, Presiden Serbia Aleksandar Vucic, Presiden Kazakhstan Kassym Jomart Tokayev, Presiden Kyrgyzstan Sadyr Zhaparov, Perdana Menteri Mongolia Luvsannamsrai Oyun Erdene, pangeran Thailand Chakri Sirindhorn, dan pangeran Uni Emirat Arab Sheikh Mohammed bin Zayed Al Nahyan.

Winter Olympic dibuka secara resmi oleh Presiden Xi bersama Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach.

Beijing sejauh ini tercatat dalam sejarah sebagai satu-satunya kota di dunia yang berhasil menggelar dua Olimpiade berbeda, yakni Olimpiade Musim Panas 2008 dan Olimpiade Musim Dingin 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

china xi jinping olimpiade

Sumber : Antara

Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top