Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

6 Rekomendasi Beasiswa Terpopuler di Indonesia: LPDP hingga Djarum 

Berikut 6 beasiswa terpopuler di Indonesia. Mulai dari LPDP, Bidikmisi, hingga Djarum. 
Ilustrasi Beasiswa LPDP 2022/LPDP Kemenkeu RI
Ilustrasi Beasiswa LPDP 2022/LPDP Kemenkeu RI

Bisnis.com, Jakarta - Apakah kamu sedang mencari beasiswa jenjang S1, S2, bahkan S3 di kampus prestisius yang ada dalam luar negeri? Simak 6 rekomendasi beasiswa terpopuler di Indonesia saat ini. 

Mendapat beasiswa merupakan impian banyak mahasiswa. Selain mendapat subsidi uang kuliah, tak jarang organisasi memberikan uang saku kepada penerima beasiswa. 

Berikut 6 beasiswa terpopuler di Indonesia seperti dilansir dari Youtube Republika Mahasiswa pada Rabu (2/2/2022). Mulai dari LPDP, Bidikmisi, hingga Djarum. 

1. Bidikmisi

Bidikmisi adalah program dari Kemendikbudristek yang ditujukan untuk siswa kurang mampu agar dapat melanjutkan studi ke perguruan tinggi, beasiswa ini hanya menyasar ke perguruan dalam negeri saja sehingga sangat terbatas kampus-kampusnya. 

Jika kamu diterima beasiswa Bidikmisi, maka kamu akan mendapatkan gratis pembiayaan kuliah, uang saku bulanan dan beberapa acara pembinaan karakter dari Kemendikbud. 

Situs resmi beasiswa Bidikmisi: https://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/

2. LPDP 

Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) merupakan beasiswa yang diselenggarakan oleh Kementerian Keuangan RI. Beasiswa ini cukup populer dikalangan mahasiswa yang ingin melanjutkan studinya ke jenjang S2 atau S3, terutama kampus diluar negeri. 

Meski begitu, melalui beasiswa LPDP kamu juga bisa mengajukan beasiswa di kampus dalam negeri. Untuk penerima beasiswa LPDP, kamu akan mendapatkan tunjangan keluarga, tunjangan kedatangan, tunjangan darurat, biaya hidup bulanan, asuransi kesehatan dasar, akomodasi PP Bahkan hingga urusan visa jika kamu kuliah diluar negeri. 

Cek syarat dan cara daftar beasiswa LPDP 2022: https://lpdp.kemenkeu.go.id/

3. Beasiswa Unggulan

Beasiswa Unggulan merupakan program dari Kemendikbudristek. Beasiswa ini ditujukan untuk masyarakat Indonesia guna kualitas peningkatan sumber daya manusia, khususnya di bidang yang berkaitan dengan kualitas pendidikan dan kebudayaan Indonesia. 

Program beasiswa Unggulan ditujukan membuka peluang bagi seluruh lapisan Indonesia terutama bagi masyarakat kurang mampu, yang bermukim di daerah tertinggal. 

Beasiswa ini bisa kamu ikuti bagi kamu yang mau melanjutkan ke perguruan tinggi. Hal- hal yang bisa kamu dapatkan dari beasiswa ini adalah biaya hidup, biaya buku, biaya pendidikan, biaya penelitian sampai biaya transportasi.

Situs resmi beasiswa Unggulan Kemendikbudristek: https://beasiswa.kemdikbud.go.id/

4. Kemenag RI

Beasiswa ini merupakan program yang diselenggarakan dari kementerian Agama atau Kemenag RI. Beasiswa ini rata-rata diperuntukkan untuk para lulusan santri. 

Tujuan diadakan beasiswa ini, yaitu mencapai bibit-bibit penerus bangsa yang bisa membangun kualitas intelektual yang religius dan cinta akan bangsanya. 

Situs resmi beasiswa Kemenag: https://scholarship.kemenag.go.id/

5. Dikti 

Beasiswa Dikti memiliki beberapa jenis yaitu untuk mahasiswa, dosen dan tenaga pendidik lainnya.  Adapun yang akan didapatkan adalah pembiayaan full pendidikan, dan sebagian ada juga yang berupa bantuan tambahan uang saku atau biaya kuliah. 

Situs resmi beasiswa Dikti: https://beasiswadosen.kemdikbud.go.id/v2/

6. Djarum Beasiswa Plus 

Selain pemerintah, organisasi swasta juga menyelenggarakan beasiswa setiap tahunnya. Salah satunya PT Djarum. Beasiswa yang diberikan bukan hanya bantuan berupa uang kuliah dan pendidikan, tetapi pendidikan pengembangan diri langsung dari program beasiswa ini. 

Selain Djarum Beasiswa Plus, masih ada lagi program dari perusahaan besarlainnya yang turut serta menggelontorkan sejumlah uang yang besar untuk ikut kontribusi dalam pengembangan SDM terutama pendidikan Indonesia. Beberapa contohnya, antara lain beasiswa BCA, CIMB niaga, Telkom Indonesia, Sampoerna, dan masih banyak lagi.

Situs resmi beasiswa Djarum: https://djarumbeasiswaplus.org/

Selamat berburu beasiswa, Sobat Bisnis

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper