Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Survei Trust Indonesia: Golkar Berhasil Geser Popularitas PDIP

Hasil survei Trust Indonesia berbeda dengan lembaga survei mainstream lainnya, yang selalu menempatkan PDIP sebagai partai paling populer di Indonesia.
Partai Golkar/Antara
Partai Golkar/Antara

Bisnis.com, JAKARTA –  Partai Golkar berhasil menggeser posisi PDI Perjuangan (PDIP) sebagai partai dengan popularitas paling tinggi, demikian survei yang dipaparkan oleh Trust Indonesia Research & Consulting.

Survei Trust Indonesia itu berbeda dengan lembaga survei mainstream lainnya, yang selalu menempatkan PDIP sebagai partai paling populer di Indonesia. 

“Tingkat popularitas partai politik tertinggi diraih oleh Partai Golkar 93,9 persen disusul oleh PDIP 92,3 persen dan partai Gerindra dengan 91,6 persen,” kata Demikian Direktur Eksekutif Trust Indonesia Research & Consulting Azhari Ardinal dalam pemaparan hasil survei dikutip melalui keterangan pers, Senin (31/1/2022).

Azhari menjelaskan bahwa untuk tingkat kesukaan, tertinggi diraih Partai Demokrat dengan 66,8 persen. Disusul Partai Gerindra 65,9 persen dan Golkar 61, 5 persen.

Sedangkan tingkat elektabilitas, PDIP masih pada posisi pertama, yaitu 21,8 persen. Lalu disusul Gerindra 17,3 persen dan Golkar 10,6 persen.

Dalam survei, tambah Azhari, alasan utama responden memilih partai politik adalah sudah terbiasa dan ada sejak dulu. Angkanya 23,4 persen. Pengaruh tokoh agama atau masyarakat 10,7 persen. Ada tokoh partai lain yang disukai 22,8 persen.

“Dan biasanya partai yang sebelumnya dipilih tidak menempati janji dengan 16,6 persen,” jelasnya.

Trust Indonesia Research & Consulting melakukan survei nasional pada tanggal 3-12 Januari 2022 secara offline atau tatap muka.

Jumlah responden dalam survei ini sebanyak 1200 yang diambil secara proporsional berimbang, yaitu 50:50 antara laki-laki dan perempuan berdasarkan basis tempat pemungutan suara TPS by name dan by addres.

Populasi survei ini adalah warga negara Indonesia yang berdomisili di 34 provinsi dan telah mempunyai hak pilih yaitu berusia 17 tahun ke atas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper