Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Profil Wali Kota Bandar Lampung Eva Dwiana yang Diterpa Isu Selingkuh

Wali Kota Bandar Lampung periode 2021-2026 Eva Dwiana yang juga merupakan istri dari mantan Wali Kota Bandar Lampung Herman Hasanusi diterpa isu perselingkuhan.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 25 Januari 2022  |  11:08 WIB
Wali Kota Bandarlampung, Eva Dwiana di Bandarlampung, saat dimintai keterangan. Rabu, (19/1/2022) - ANTARA - Dian Hadiyatna.\r\n
Wali Kota Bandarlampung, Eva Dwiana di Bandarlampung, saat dimintai keterangan. Rabu, (19/1/2022) - ANTARA - Dian Hadiyatna.\\r\\n

Bisnis.com, JAKARTA – Wali Kota Bandar Lampung periode 2021-2026 Eva Dwiana yang juga merupakan istri dari mantan Wali Kota Bandar Lampung Herman Hasanusi diterpa isu perselingkuhan.

Geram dengan tudingan tersebut, Herman pun menyiapkan uang sayembara sebesar Rp1 miliar. Sayembara dilakukan untuk menantang orang yang mengaku memiliki informasi mengenai perselingkuhan istrinya. Dia menegaskan bahwa berita tersebut tidak benar atau hoaks.

Dikutip melalui laman setwan-dprd.lampungprov, Eva Dwiana merupakan Wali kota Bandar Lampung ke 11 periode 2021-2026. Dirinya juga wali kota perempuan pertama di kota tersebut.

Eva lahir di Tanjung Karang, Provinsi Lampung 25 April 1970. Perempuan yang akrab disapa Bunda Eva ini adalah putri dari pasangan Iskandar Zulkarnaen asal Muaraenim, Sumatra Selatan dan Dahniar dari Sumatra Barat.

Jenjang pendidikannya dimulai saat menempuh SD Negeri 1 Pengajaran SDN 1 periode 1978- 1984. Kemudian melanjutkan ke jenjang SMP Negeri 2 Teluk Betung 1984-1987.

Kemudian, untuk jenjang SMA Petra Bandar Lampung tahun 1987 sampai 1990. Eva melanjutkan Pendidikan sarjananya di Universitas Wiraswasta Indonesia (2000-2004), lalu mengambil program pascasarjana di Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi YAPPANN.

Sebelum menjabat sebagai wali kota Bandar Lampung, Eva jauh lebih dikenal masyarakat sebagai pimpinan Majelis Taklim Rachmat Hidayat, karena kegiatannya sering dilakukan bersama kalangan ibu-ibu pengajian.

Eva Dwiana adalah pemimpin majelis Taklim Rachmat Hidayat yang berdiri sejak 20 Oktober 2007. Pendirian ini berasal dari kecintaannya terhadap almarhum anak pertamanya yang bernama Rachmat Hidayat yang meninggal diusia 14 tahun setelah pulang dari umrah.

Karier politiknya pun menanjak saat dirinya menjabat sebagai Ketua DPC Demokrat Kota Bandar Lampung Periode 2011-2016. Kemudian dia juga menjabat sebagai anggota DPD PDIP Lampung 2015.

Dibawah naungan PDIP, Eva kerap aktif diberbagai kegiatan masyarakat sampai turut menjabat sebagai Ketua Bidang Perempuan dan Anak DPD PDIP Lampung. Kemudian, dirinya juga menjadi Anggota DPRD Provinsi Lampung dan tercatat sebagai Komisi III DPRD Provinsi Lampung periode 2014-2019.

Wali kota perempuan pertama yang memimpin Kota Bandar Lampung ini maju dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 2020 bersama Deddy Amarullah setelah dicalonkan oleh tiga partai politik yaitu PDI Perjuangan, NasDem, dan Gerindra, dengan total 21 kursi di DPRD Bandar Lampung.

Dikutip melalui Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) data harta kekayaan Eva Dwiana yang dilaporkan ke KPK pada 2019, dengan jabatan anggota DPRD Lampung mencapai Rp11.514.413.187.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sayembara selingkuh bandar lampung
Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top