Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Profil Abdul Gafur Mas'ud, Bupati Muda yang Kena OTT KPK

Ketua KPK Filri Bahuri membenarkan adanya OTT terhadap Bupati Penajam Paser Utara Abdul Gafur Mas’ud.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 13 Januari 2022  |  10:12 WIB
Abdul Gafur Mas'ud, Bupati Penajam Paser Utara (tengah depan). - Bisnis/Jaffry Prabu Prakoso
Abdul Gafur Mas'ud, Bupati Penajam Paser Utara (tengah depan). - Bisnis/Jaffry Prabu Prakoso

Bisnis.com, JAKARTA — Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap Bupati Penajam Paser Utara Abdul Gafur Mas’ud.

Ketua KPK Filri Bahuri membenarkan adanya OTT terhadap Bupati Penajam Paser Utara Abdul Gafur Mas’ud.

“KPK melakukan tangkap tangan salah satu bupati di wilayah Kaltim yaitu Bupati Penajam Paser Utara beserta 10 orang pihak terlibat diamankan tim kedeputian bidang penindakan KPK," kata Firli saat dikonfirmasi wartawan, Kamis (13/1/2022).

Meskipun demikian, KPK belum mengumumkan secara resmi terkait kasus dugaan korupsi yang menjeratnya Abdul Gafur. Firli meminta publik bersabar untuk menunggu informasi lebih lanjut. Setidaknya KPK punya 1x24 jam untuk menentukan sikap atas operasi ini.

"Terima kasih atas dukungan masyarakat dan seluruh pihak sehingga KPK bisa melaksanakan tugas-tugas pemberantasan korupsi," ujarnya.

Adapun, Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron mengatakan bahwa OTT Bupati Penajam Paser Utara Abdul Gafur Mas'ud yang dilakukan lembaganya terkait dengan suap dan gratifikasi.

“Atas dugaan penerimaan suap dan gratifikasi," kata Ghufron kepada wartawan, Kamis (13/1/2022).

Meski begitu, Ghufron belum bisa memerinci lebih jauh terkait perkara tersebut. Dia menuturkan, pihak-pihak yang ditangkap tersebut sedang diperiksa intensif oleh penyidik KPK.

Sementara itu, Abdul Gafur diketahui lahir di Balikpapan, Kalimantan Timur pada 7 Desember 1987. Pada 2018, dia dilantik menjadi Bupati Penajam Paser Utara oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan menjadi bupati termuda yakni berusia hampir genap 31 tahun.

Lulusan STIE APRIN Palembang jurusan S1 Ekonomi dam S2 Magister Ekonomi di Universitas Mulawarman Kalimantan Timur ini adalah seorang pengusaha muda yang telah malang melintang di berbagai organisasi baik daerah maupun nasional.

Abdul memulai karir politiknya dengan menjadi kader Partai Demokrat pada 2015. Dia terpilih menjadi ketua DPC Partai Demokrat Kota Balikpapan pada 2016 dan menjadi ketua DPC termuda di Indonesia.

Sebagai sosok pemimpin yang masih muda, Abdul menjadi daya tarik tersendiri untuk perekrutan anggota dan kader-kader muda Partai Demokrat di kota Balikpapan.

Pada 2018 atau saat dirinya terpilih menjadi Bupati di Kabupaten Penajam Paser Utara tren anak muda berpolitik demi membangun daerah menjadi semakin berkembang.

Disamping karier politiknya, Abdul Gafur juga tercatat sebagai Pemilik PT Petro Perkasa Indonesia yang bergerak di bidang perminyakan.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

KPK korupsi penajam paser utara OTT KPK
Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top