Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ma’ruf Amin Ungkap Olahraga Favorit, Mulai dari Jalan Santai Hingga Sepak Bola

Wakil Presiden Republik Indonesia (Wapres RI) Ma'ruf Amin menyebutkan memiliki cara tersendiri untuk menjaga kebugarannya, yaitu olahraga yang mencapai 500 kalori per hari.
Wapres KH Ma'ruf Amin. (kanan)./Antara
Wapres KH Ma'ruf Amin. (kanan)./Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Wakil Presiden Republik Indonesia (Wapres RI) Ma'ruf Amin menyebutkan memiliki cara tersendiri untuk menjaga kebugarannya, yaitu olahraga yang mencapai 500 kalori per hari.

Dia memilih ragam olahraga sederhana, mulai dari sepeda statis, jalan, gym hingga olahraga di air.

Namun, dirinya lebih sering berjalan kaki 3–4 km atau 1 jam setiap 5 kali dalam seminggu. Adapun, dirinya kerap melakukan olahraga bersama Ibu Wury Ma’ruf Amin sambil menanti kehadiran matahari terbit

Hal tersebut disampaikan oleh orang nomor dua di Indonesia ini saat diwawancarai oleh Deddy Corbuzier dalam akun Youtuber Podcast Close The Door.

"Ya ada macam-macam [olahraga yang saya lakukan]. Ada sepeda statis sama jalan [santai] yang ringan-ringan saja. Terus ada lagi misalnya hidro, olahraga di air,” katanya, dikutip melalui akun Youtube Deddy Corbuzier, Jumat (7/1/2022).

Sebelumnya, saat diwawancarai oleh Bisnis, Ma’ruf mengungkapkan bahwa dirinya memang sudah lama menyukai olahraga. Bahkan, disebutkan sepak bola menjadi olah tubuh favoritnya.

“Kalau kecil waktu masih muda [olahraga] pertama yang saya sukai adalah bola. Saya pemain bola dulu, kemudian badminton,” ujarnya kepada Bisnis, di kawasan Nusa Dua, Bali, Jumat pagi (17/12/21).

Bahkan, Ma’ruf pun memerinci sejumlah atlet-atlet yang dia ikuti rekam jejaknya. Untuk Badminton, mulai dari zaman Ferry Sonneville, Tan Joe Hok (Hendra Kartanegara), kemudian Rudy Hartono, dan Lim Swie King.

“Kalau bola dari mulai jaman Andi Ramang, Tony Sucipto, saya tau itu. Pemain luar negeri saya juga mengikuti mulai dari AC Milan saat masih ada trio belanda yang dream team, tetapi sekarang saya sukanya Manchester City,” ungkapnya.

Untuk diketahui, AC Milan era akhir 1980-an hingga awal 1990-an identik dengan Trio Belanda yang berisikan Marco van Basten, Ruud Gullit, dan Frank Rijkaard. Ketiganya berandil mempersembahkan sederet titel bergengsi, baik di level domestik, kontinental, maupun dunia.

“Dulu saya juga suka Manchester United saat masih dilatih oleh Alex Fergusson, tetapi sekarang mulai menurun,” kata Ma’ruf.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper