Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Wapres Ungkap Tiga Fungsi Pesantren, Apa Saja?

Beberapa fungsi pesantren yang dimaksud, seperti menyiapkan ahli fikih, berdakwah, dan memberdayakan ekonomi masyarakat.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 07 Januari 2022  |  13:59 WIB
Wapres KH Ma'ruf Amin. (kanan). - Antara
Wapres KH Ma'ruf Amin. (kanan). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Wakil Presiden (Wapres) RI Ma’ruf Amin menyebutkan terdapat tiga fungsi penting pesantren dalam kehidupan bernegara.

Hal ini dia sampaikan dalam rangkaian kunjungan kerjanya di Provinsi Sulawesi Tengah, saat menyempatkan diri berkunjung ke Pondok Pesantren Alkhairaat, Palu, Kamis, 6 Januari 2022.

Juru Bicara Wapres Masduki Baidlowi mengatakan, pada kesempatan tersebut, Ma’ruf Amin turut melontarkan tiga alasan pentingnya fungsi pesantren.

"Tadi Wapres didampingi oleh seluruh keluarga dari Alkhairaat dan Pak Wapres berdialog tadi di dalam. Yang ditekankan tadi itu sebenarnya ada tiga fungsi pesantren itu," ujarnya, dikutip dari keterangan Setwapres, Jumat (7/1/2022).

Masduki memerinci beberapa fungsi pesantren yang dimaksud, seperti menyiapkan ahli fikih, berdakwah, dan memberdayakan ekonomi masyarakat.

"Pertama, penyiapan kader-kader yang ahli fikih itu sudah tugas semacam tusi pokok pesantren. Yang kedua, tugas dakwah yang selama ini sudah dilakukan Alkhaairat. Kemudian yang ketiga, hal yang berhubungan dengan pemberdayaan ekonomi masyarakat," katanya.

Masduki juga menuturkan relasi antara Wapres dengan Pondok Pesantren Alkhairaat Palu yaitu adanya kesamaan pada paham keagamaan.

"Hubungan Alkhairaat dengan Wapres, secara akidah Alkhairaat bagian dari ahli sunnah wal jamaah, jadi punya hubungan yang sangat dekat secara paham keagamaan dengan Wapres, pungkasnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

wapres ma'ruf amin
Editor : Andhika Anggoro Wening

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top