Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Besok, Sleman "Kick Off" Vaksinasi Anak 6-11 Tahun

Vaksinasi dilakukan terhadap siswa sejumlah sekolah. Adapun pelaksanaannya digabung dalam satu lokasi vaksinasi.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 17 Desember 2021  |  18:10 WIB
Penyelenggaraan vaksinasi anak yang diselenggarakan Sekolah Global Sevilla pada 175 siswa di Jakarta, Rabu (16/12/2021). - Antara
Penyelenggaraan vaksinasi anak yang diselenggarakan Sekolah Global Sevilla pada 175 siswa di Jakarta, Rabu (16/12/2021). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta mulai melaksanakan “kick off” vaksinasi Covid-19 bagi anak usia 6-11 tahun pada Sabtu (18/12/2021).

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman Ery Widaryana mengatakan ada beberapa sekolah yang digabung dalam satu lokasi pelaksanaan vaksinasi. Adapun kick off yang dilakukan di SD Pangukan, Tridadi ini menargetkan sekitar 1.000 anak.

Setelah kick off ini nantinya akan diteruskan vaksinasi anak di sekolah-sekolah lainnya, sehingga diharapkan peran dari sekolah, orang tua dan masyarakat untuk membantu kelancaran vaksinasi untuk anak ini

"Kami juga telah melakukan sosialisasi vaksinasi anak ini kepada kepala sekolah, guru dan tenaga pendidikan lainnya, serta masyarakat umum secara daring maupun luring," ujar Ery, dikutip Antara, Jumat (17/12/2021).

Ia mengatakan, diharapkan tenaga pendidikan dapat memberikan pendampingan kepada anak yang akan menerima vaksinasi agar tidak ada rasa ketakutan pada diri anak.

"Upaya ini perlu dilakukan agar anak-anak tidak takut disuntik, sehingga capaian vaksinasi bisa optimal," katanya

Ery mengatakan, pelaksanaan vaksinasi anak tersebut tetap mengacu pada SOP protokol kesehatan secara ketat.

"Sasaran vaksinasi anak di Sleman sebanyak 87.731 siswa tersebar di 510 sekolah dasar. Rinciannya, 57.215 siswa SD negeri dan 30.516 anak bersekolah di swasta," katanya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman Cahya Purnama mengatakan, Kabupaten Sleman diperbolehkan mengadakan vaksinasi anak karena telah memenuhi kriteria capaian dosis pertama bagi dewasa dan remaja minimal 70 persen, dan lansia 60 persen.

"Hingga pertengahan Desember ini, cakupan vaksinasi Covid-19 di Sleman sudah mencapai 91,5 persen sedangkan lansia 81 persen," katanya.

Ia mengatakan, vaksinasi Covid-19 untuk anak nantinya menggunakan vaksin jenis Sinovac. Saat ini stok vaksin masih sekitar 40 ribu dosis.

"Stok Sinovac yang ada sekarang dikhususkan vaksinasi anak. Pemberian dosis satu bagi masyarakat umum sementara ditahan dulu," katanya.

Cahya mengatakan, jika pasokan vaksin lancar, pihaknya optimistis vaksinasi anak akan selesai dalam jangka waktu dua bulan.

"Setelah kick off, vaksinasi akan dilaksanakan di faskes. Kemungkinan, baru pada Januari 2022 vaksinasi bisa diselenggarakan secara massal karena menyesuaikan dengan stok vaksin," katanya.

Ia mengatakan, saat imunisasi, orang tua atau wali murid diminta ikut mendampingi. Sebelum disuntik, anak akan terlebih dulu menjalani skrining sama seperti tahapan bagi orang dewasa. Dosis kedua juga akan disuntikkan selang 28 hari," katanya.

Ia mengatakan, bagi siswa yang baru saja mengikuti imunisasi reguler diberi jeda waktu dua pekan.

"Di Sleman program Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) terakhir dilaksanakan November. Jadi semua bisa mengikuti vaksinasi Covid-19 karena jaraknya sudah lebih dari dua minggu," katanya.

#ingatpesanibu #sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sleman Vaksin Covid-19 Adaptasi Kebiasaan Baru

Sumber : Antara

Editor : Aprianto Cahyo Nugroho

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top