Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mendagri Beberkan 3 Prinsip RI Lawan Varian Omicron

Mendagri Tito Karnavian meminta pemerintah daerah untuk melakukan percepatan vaksinasi Covid-19 untuk mencegah penyebaran Covid-19 varian Omicron meluas.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 17 Desember 2021  |  17:15 WIB
Mendagri Tito Karnavian. - Antara\r\n
Mendagri Tito Karnavian. - Antara\\r\\n

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian mengungkapkan tiga prinsip untuk menghadapi varian baru Covid-19 yaitu Omicron yang telah terdeteksi di Indonesia.

Tito mengatakan ketiga prinsip itu yakni menegakkan protokol kesehatan (prokes), melakukan penelusuran dan pelacakan, serta mempercepat vaksinasi. 

“Maka kita prinsip (untuk melakukan) penegakan prokes, kemudian sekali lagi penelusuran dan pelacakan, dan yang terakhir adalah percepatan vaksinasi,” kata Tito dalam keterangannya, Jumat (17/12/2021)

Dia menyatakan, Satgas Covid-19 di daerah nantinya menggunakan metode spike gene target failure (SGTF) dan juga mesin whole genome sequences (WGS) untuk mengonfirmasi pasien apakah benar terkena Omicron atau bukan.

“Nanti di tiap [Satgas Covid-19] daerah itu ada metodologi namanya SGTF, jadi tidak harus menggunakan mesin WGS,” ujarnya.

Dia juga menekankan, siapa pun yang positif harus segera melakukan tracking dan tracing. Kepala daerah diminta untuk memfasilitasi hal tersebut ketika ada masyarakatnya terkonfirmasi positif Omicron.

Kemudian, dia juga meminta pemerintah daerah untuk melakukan percepatan vaksinasi. Sebab, sampai hari ini pemerintah belum mengetahui secara persis terkait karakter Omicron, misalnya terkait tingkat keparahan penularannya.

Saat ini, kata dia, tengah berjalan proses penelitian di Indonesia maupun dunia terkait varian itu.

“Makanya kita datang ke sini (Sumatra Barat) khusus berbicara mengenai percepatan vaksinasi itu, karena beberapa kasus yang sudah divaksin yang kena Omicron tidak parah bahkan ada yang simptom-nya rendah sekali,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mendagri Virus Corona Covid-19 Vaksin Covid-19 omicron

Sumber : Antara

Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top