Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jokowi akan Kumpulkan Gubenur dan Wali Kota Sore Ini. Bahas Omicron?

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyampaikan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengumpulkan para gubernur, bupati dan wali kota pada Kamis (16/12) sore ini.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 16 Desember 2021  |  14:15 WIB
Jokowi akan Kumpulkan Gubenur dan Wali Kota Sore Ini. Bahas Omicron?
Presiden Joko Widodo memberikan pernyataan resmi terkait kebijakan PPKM Darurat di Jawa-Bali mulai 3-20 Juli 2021 - Youtube: Sekretariat Presiden

Bisnis.com, JAKARTA — Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyampaikan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengumpulkan para gubernur, bupati dan wali kota pada Kamis (16/12) sore ini.

"Bukan berarti kita harus lengah, Presiden [Jokowi] bahkan mengatakan bahwa sore ini akan mengumpulkan semua Gubernur, Walikota, dan Bupati," katanya dalam acara IEP Elaunch December 2021, dikutip dari YouTube Indonesia Economic Prospects, Kamis (16/12/2021).

Kendati tidak memerinci tujuan Kepala Negara mengumpulkan seluruh kepala daerah, Menkeu mengatakan bahwa pertemuan tersebut terkait penanganan pandemi Covid-19, khususnya varian Omicron.

Menurutnya, kunci pemulihan ekonomi adalah pengendalian pandemi Covid-19. Walhasil, upaya mengendalikan pandemi terutama dengan keberadaan varian Omicron di Indonesia menjadi sangat penting untuk menjaga tren positif yang terjadi beberapa bulan terakhir.

Sri Mulyani menyatakan Indonesia saat ini sudah berada dalam situasi pandemi yang lebih baik jika dibandingkan dengan pertengahan tahun ini.

“Jumlah kasus harian berangsur turun menjadi sekitar 200, sangat kecil dibandingkan populasi sebesar Indonesia,” ujarnya.

Kemudian total kasus aktif yang mencapai 574.000 pada Juli lalu, saat ini turun menjadi hanya sekitar 5.000-an. “Namun itu tidak membuat Indonesia lengah,” imbuhnya.

Diberitakan sebelumnya, Indonesia mengumumkan kasus pertama Covid-19 varian Omicron. Temuan kasus tersebut berawal saat dilakukan pemeriksaan sampel rutin tim Wisma Atlet pada 8 Desember 2021. Dari hasil tes PCR yang dilakukan, tiga pekerja dinyatakan positif Covid-19.

Kemudian, sampel ketiga pasien Covid-19 tersebut dibawa ke Kemenkes untuk dilakukan tes whole genome sequencing (WGS).

“Kami terima sampel 10 Desember, ada tiga pekerja pembersih yang positif,” kata Menkes Budi Gunadi Sadikin dalam keterangan pers, Kamis (16/12/2021).

Lebih lanjut, Menkes mengungkapkan hasil tes WGS keluar pada 15 Desember 2021 dan dinyatakan satu pasien berinisial N terkonfirmasi positif Omicron, sedangkan dua pasien lainnya tidak terkonfirmasi varian Omicron.

“Ketiga orang ini tanpa gejala, masih sehat tidak ada demam, tidak ada batuk-batuk,” kata Menkes Budi Gunadi Sadikin dalam keterangan pers, Kamis (16/12/2021).

Menkes menambahkan, mereka pun kini sudah dites PCR kembali setelah 8 Desember 2021 melakukan tes pertama dan hasilnya sudah negatif. Di luar pasien yang sudah terkonfirmasi tersebut, kata Menkes, Kemenkes juga mendeteksi lima kasus probable Omicron.

“Belum pasti Omicron, tapi karena tes PCR dengan spesifikasi khusus, ada lima kasus probable Omicron,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi Virus Corona Covid-19 omicron
Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top