Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Viral Video Risma Menguruk Jalan, Warganet: Mensos Rasa Menteri PUPR

Video Mensos Risma menguruk jalan berlubang dengan tangan kosong di lokasi bencana erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur viral di media sosial.
Fitri Sartina Dewi
Fitri Sartina Dewi - Bisnis.com 06 Desember 2021  |  09:05 WIB
Viral Video Risma Menguruk Jalan, Warganet: Mensos Rasa Menteri PUPR
Mensos Tri Rismaharini (Risma) meninjau Dapur Umum yang didirikan Taruna Siaga Bencana (Tagana) di Kantor Desa Sumber Urip, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Minggu 5 Desember 2021 / Dok. Kemensos

Bisnis.com, JAKARTA - Video Menteri Sosial Tri Rismaharini (Risma) menguruk jalan berlubang dengan tangan kosong di lokasi bencana erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur viral di media sosial.

Dalam video yang diunggah di kanal Youtube Linjamsos Oke pada Minggu (5/12), nampak Mensos Risma beserta rombongan berhenti di tengah perjalanan saat akan membagikan bantuan makanan ke warga terdampak erupsi. Risma langsung turun dari kendaraannya dan langsung mengais tumpukan pasir dan kerikil di tengah jalan yang berlubang.

Risma menggunakan tangan kosong untuk menutupi jalan yang berlubang dengan pasir. Setelah itu, nampak beberapa orang lainnya membawa peralatan seperti sekop dan cangkul dan membantu Risma untuk menguruk jalan yang berlubang.

Di tengah guyuran hujan deras, Risma tetap mengawasi pekerjaan menutup lubang jalan sambil sesekali membantu. Nampak stafnya memayungi Risma yang kehujanan.

Adapun, berdasarkan keterangan resmi Kementerian Sosial (Kemensos), Risma telah tiba di Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang pada Minggu (5/12) pukul 04.00 WIB.

Setibanya di lokasi, Risma langsung menuju Dapur Umum yang didirikan Taruna Siaga Bencana (Tagana) di Kantor Desa Sumber Urip, Kecamatan Pronojiwo. Mensos kemudian bergerak ke lokasi terdampak lainnya, yakni di Kecamatan Pasirian dan Kecamatan Candipuro, tepatnya di Desa Penanggal.

Mensos tampak berhenti di beberapa ruas jalan dan membagikan bantuan makanan. Iring-iringan kendaraan dinas Mensos juga sempat berhenti beberapa kali. Di tengah hujan deras, Mensos turun dari mobil mengais batu dan pasir untuk menutupi lobang di jalan.

Risma juga turut mengecek daftar pengungsi untuk memastikan kemampuan Dapur Umum memenuhi kebutuhan pengungsi.

Mensos mengingatkan posisi dapur umum yang masuk area rawan. Dia meminta jajaran Kemensos memindahkan ke lokasi aman.

Sementara itu, Warganet di media sosial Twitter ramai mengomentari aksi Risma menguruk jalan berlubang di lokasi bencana erupsi Gunung Semeru.

"Bukan jobdescnya Bu... Sama aja kayak hire kerjaan kuli bangunan tp gaji puluhan juta. Ada banyak PR ibu yg lebih urgent dan esensial dibandingin gimmick2 populis gini," cuit akun @icadddssss.

"Sejujurnya sy tak kagum dg apa yg dilakukan Ibu Mensos seperti di video ini. Yg ada malah rasa kasihan. Terkesan ia tengah bingung dg apa yg mestinya beliau lakukan sbg Mensos di tengah krisis. 'Sense of Crisis & Responsiveness' seorang menteri itu setahu sy bukan seperti itu," ujar @dadangsodikin1.

"Saya heran, tugas menteri apa memang kayak gini? Padahal punya power dalam kebijakan, kerjaan kok kayak sekelas RT. Wewenang mensos itu luas loh buk. Hadeh hadeh," cuit @BukanHiro.

"Kayaknya cocokan di Dinas PU deh bu dari pada Mensos," ujar @GianluiGie12.

"Ini Menpupr pada kemana sih, sampai Mensos bantu ambil kerikil pakai tangan, sungguh dramatis," cuit akun @MerdekaRakyan.

"Mensos yg urusi PUPR ya begini jadinya ada genangan air langsung di tutup," ujar akun @mevebumausaunep.

Meski menuai banyak sindiran, tapi beberapa warganet juga ada yang menyatakan dukungannya kepada Risma.

"Apa sih salahnya orang yang mau niat baik selalu di bully? Bu risma mensos," cuit akun @FirmanSHermawan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mensos erupsi tri rismaharini risma Gunung Semeru
Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top