Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dihadiri Megawati, PDIP Lantik Pengurus DPLN di 11 Negara

Megawati Soekarnoputri menghadiri pelantikan pengurus Dewan Pimpinan Luar Negeri (DPLN) PDIP di 11 negara secara daring.
Ketua Bidang Luar Negeri DPP PDIP Ahmad Basarah memberikan keterangan pers, di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Selasa (9/1)./ANTARA-Galih Pradipta
Ketua Bidang Luar Negeri DPP PDIP Ahmad Basarah memberikan keterangan pers, di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Selasa (9/1)./ANTARA-Galih Pradipta

Bisnis.com, JAKARTA — Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri menghadiri pelantikan pengurus Dewan Pimpinan Luar Negeri (DPLN) partai di 11 negara secara daring.

Hal ini dilakukannya sebagai langkah konsolidasi PDIP dalam menyongsong pemilu dan menjadikan para pengurus tersebut menjadi diplomat bagi bangsa dan negara.

Ketua Bidang Luar Negeri DPP PDIP Ahmad Basarah yang juga hadir mengatakan bahwa perincian pengurus DPLN yang dilantik pada 11 negara itu yakni Hong Kong (19 pengurus), Malaysia (19 pengurus), Taiwan (11 pengurus), Brunei Darussalam (19 pengurus), Jepang (11 pengurus), Australia (17 pengurus), Saudi Arabia ( 13 pengurus), Prancis-Belgia (17 pengurus), Belanda (15 pengurus), Jerman (13 pengurus) dan Mesir (15 pengurus).

"Pelantikan DPLN PDI Perjuangan ini bukanlah akhir melainkan awal bagi kerja-kerja kepartaian yang sudah menanti menjelang tahun pemilu. Pelantikan ini juga merupakan pengakuan DPLN sebagai pengurus partai dan memanfaatkan kepercayaan Partai dan Ketua Umum PDIP ini melalui jiwa pengabdian yang tulus demi kejayaan Partai, Bangsa dan Negara," ujarnya melalui keterangan tertulis, Sabtu (4/12/2021).

Basarah yang saat ini juga merupakan Wakil Ketua MPR RI mengatakan usai pelantikan hari ini, langsung digelar acara kaderisasi bagi para pengurus DPLN.

Menurutnya, kaderisasi ini akan membuat pengurus DPLN Partai mendapat bekal yang cukup memadai untuk mengenal dan menghayati keberadaannya bergabung dalam wadah PDI Perjuangan.

DPLN PDIP merupakan ujung tombak diplomasi Partai di luar negeri karena setiap kader partai di luar negeri dituntut menjadi diplomat bagi bangsa dan negara.

"Setiap kader partai di luar negeri selayaknya memegang prinsip keutamaan perjuangan diplomasi Partai yakni kepentingan nasional, keselamatan warga negara dan kemanusiaan," tambahnya.

Basarah mengatakan ada dua DPLN yang sedang pemantapan untuk dilantik yaitu DPLN Amerika Serikat, Inggris Raya, Tunisia, Meksiko, Singapura, Italia, dan Uni Emirat Arab.

Sementara itu, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto didapuk untuk mengambil sumpah para pengurus DPLN tersebut mewakili Megawati.

"Apakah saudara-saudara sekalian bersedia untuk dilantik sebagai dewan perwakilan luar negeri PDI Perjuangan?" tanya Hasto.

"Bersedia," jawab para pengurus yang dilantik dengan serempak.

"Terima kasih. Karena itulah dengan hikmat saudara-saudara sekalian dengan penuh kesungguhan, dengan penuh dedikasi dan membatinkan seluruh tekad juang saudara sekalian, untuk mengabdi pada bangsa dan negara, kepada rakyat indonesia untuk melanjutkan seluruh ide, cita-cita perjuangan, serta seluruh gagasan Bung Karno dengan mengucapkan janji jabatan," lanjut Hasto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper