Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Dihadiri Megawati, PDIP Lantik Pengurus DPLN di 11 Negara

Megawati Soekarnoputri menghadiri pelantikan pengurus Dewan Pimpinan Luar Negeri (DPLN) PDIP di 11 negara secara daring.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 04 Desember 2021  |  16:27 WIB
Ketua Bidang Luar Negeri DPP PDIP Ahmad Basarah memberikan keterangan pers, di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Selasa (9/1). - ANTARA/Galih Pradipta
Ketua Bidang Luar Negeri DPP PDIP Ahmad Basarah memberikan keterangan pers, di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Selasa (9/1). - ANTARA/Galih Pradipta

Bisnis.com, JAKARTA — Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri menghadiri pelantikan pengurus Dewan Pimpinan Luar Negeri (DPLN) partai di 11 negara secara daring.

Hal ini dilakukannya sebagai langkah konsolidasi PDIP dalam menyongsong pemilu dan menjadikan para pengurus tersebut menjadi diplomat bagi bangsa dan negara.

Ketua Bidang Luar Negeri DPP PDIP Ahmad Basarah yang juga hadir mengatakan bahwa perincian pengurus DPLN yang dilantik pada 11 negara itu yakni Hong Kong (19 pengurus), Malaysia (19 pengurus), Taiwan (11 pengurus), Brunei Darussalam (19 pengurus), Jepang (11 pengurus), Australia (17 pengurus), Saudi Arabia ( 13 pengurus), Prancis-Belgia (17 pengurus), Belanda (15 pengurus), Jerman (13 pengurus) dan Mesir (15 pengurus).

"Pelantikan DPLN PDI Perjuangan ini bukanlah akhir melainkan awal bagi kerja-kerja kepartaian yang sudah menanti menjelang tahun pemilu. Pelantikan ini juga merupakan pengakuan DPLN sebagai pengurus partai dan memanfaatkan kepercayaan Partai dan Ketua Umum PDIP ini melalui jiwa pengabdian yang tulus demi kejayaan Partai, Bangsa dan Negara," ujarnya melalui keterangan tertulis, Sabtu (4/12/2021).

Basarah yang saat ini juga merupakan Wakil Ketua MPR RI mengatakan usai pelantikan hari ini, langsung digelar acara kaderisasi bagi para pengurus DPLN.

Menurutnya, kaderisasi ini akan membuat pengurus DPLN Partai mendapat bekal yang cukup memadai untuk mengenal dan menghayati keberadaannya bergabung dalam wadah PDI Perjuangan.

DPLN PDIP merupakan ujung tombak diplomasi Partai di luar negeri karena setiap kader partai di luar negeri dituntut menjadi diplomat bagi bangsa dan negara.

"Setiap kader partai di luar negeri selayaknya memegang prinsip keutamaan perjuangan diplomasi Partai yakni kepentingan nasional, keselamatan warga negara dan kemanusiaan," tambahnya.

Basarah mengatakan ada dua DPLN yang sedang pemantapan untuk dilantik yaitu DPLN Amerika Serikat, Inggris Raya, Tunisia, Meksiko, Singapura, Italia, dan Uni Emirat Arab.

Sementara itu, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto didapuk untuk mengambil sumpah para pengurus DPLN tersebut mewakili Megawati.

"Apakah saudara-saudara sekalian bersedia untuk dilantik sebagai dewan perwakilan luar negeri PDI Perjuangan?" tanya Hasto.

"Bersedia," jawab para pengurus yang dilantik dengan serempak.

"Terima kasih. Karena itulah dengan hikmat saudara-saudara sekalian dengan penuh kesungguhan, dengan penuh dedikasi dan membatinkan seluruh tekad juang saudara sekalian, untuk mengabdi pada bangsa dan negara, kepada rakyat indonesia untuk melanjutkan seluruh ide, cita-cita perjuangan, serta seluruh gagasan Bung Karno dengan mengucapkan janji jabatan," lanjut Hasto.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

megawati pdip
Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top