Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Wapres Ma'ruf Amin Ingatkan Petugas di Perbatasan Waspada Varian Omicron

Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengingatkan agar setiap pintu masuk ke wilayah Indonesia dijaga dan diperketat untuk mencegah varian tersebut masuk ke Tanah Air.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 03 Desember 2021  |  22:15 WIB
Wakil Presiden Ma'ruf Amin memberikan sambutan pada acara Bedah Buku
Wakil Presiden Ma'ruf Amin memberikan sambutan pada acara Bedah Buku "Darul Misaq: Indonesia Negara Kesepakatan", secara daring dari Jakarta, Senin (7/6/2021)./Antara - Asdep KIP Setwapres

Bisnis.com, JAKARTA — Varian baru Covid-19 yakni B.1.1.529 atau Omicron dikabarkan telah teridentifikasi di Malaysia dan Singapura.

Menanggapi fakta tersebut, Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengingatkan agar setiap pintu masuk ke wilayah Indonesia dijaga dan diperketat untuk mencegah varian tersebut masuk ke Tanah Air.

"Dalam konteks varian baru ini, kita mesti ekstra hati-hati menjaga. Wapres selalu mengingatkan untuk menjaga setiap pintu masuk ke wilayah Indonesia, apakah pintu udara, laut, itu yang harus dijaga ketat," ujar Juru Bicara Wapres Masduki Baidlowi kepada wartawan, Jumat (3/12/2021).

Masduki melanjutkan, aparat di lapangan yang bertugas di wilayah perbatasan seperti petugas imigrasi, kepolisian, hingga Badan Intelejen Negara (BIN) telah menyanggupi permintaan tersebut.

"Setiap arahan Wapres selalu memperingatkan tingkat kehati-hatian yang tinggi antara mengerem dan mengegas dalam konteks kebangkitan ekonominya. Kalau terlalu mengegas untuk kebangkitan ekonominya tapi lalai dalam menjaga protokol kesehatan, itu bisa jebol seperti negara lain," kata Masduki.

Upaya pencegahan varian Omicron yang dikabarkan memiliki daya tular lebih tinggi dibandingkan varian Delta menjadi penting karena Indonesia menjadi Presidensi G20 pada tahun depan.

Menurutnya, jika upaya tersebut berhasil dan tidak terjadi lonjakan kasus di Indonesia maka rangkaian kegiatan G20 bisa berjalan sesuai rencana.

Masduki memastikan bahwa pelaksanaan seluruh kegiatan terkait Presidensi G20 menerapkan protokol kesehatan. Selain itu, sambungnya, pemerintah juga akan terus menggenjot vaksinasi sebagai upaya pencegahan penyebaran virus Corona.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

wapres ma'ruf amin omicron
Editor : Azizah Nur Alfi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top