Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Guru Ceritakan Sosok Nadiem Makarim saat Masih Duduk di Bangku SD

Dalam Puncak peringatan Hari Guru Nasional 2021 Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim bertemu dengan tiga guru sekolah dasarnya
Indra Gunawan
Indra Gunawan - Bisnis.com 25 November 2021  |  18:22 WIB
Guru Ceritakan Sosok Nadiem Makarim saat Masih Duduk di Bangku SD
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim berdialog dengan kepala sekolah dan guru saat melakukan kunjungan kerja di SMK Negeri 8 Palu di Palu, Sulawesi Tengah, Rabu (4/11/2020). - Antara
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Dalam Puncak peringatan Hari Guru Nasional 2021 Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim bertemu dengan tiga guru sekolah dasarnya. Mereka adalah Bapak Anwar, Ibu Ina, dan Ibu Nina.

“Saya belum bertemu guru SD saja sejak umur 12 tahun. Saya SD di Jakarta, Pondok Labu, Al Izhar. Saya diberi tahu bahwa tiga guru saya dari SD hadir di sini,” kata Nadiem dalam peringatan Hari Guru Nasional di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Kamis (25/11/2021).

Salah satu gurunya mengatakan, bahwa Nadiem adalah murid yang paling bawel dan kritis. “Yang saya ingat Nadiem itu adalah murid yang paling bawel, paling kritis,” ujar Anwar.

Nina, guru SD Nadiem, menyebut selain kritis, Nadiem adalah sosok suka memiliki hal-hal baru, dan inovasinya menarik.

“Saya gemas dengan tampilannya selalu ceria, cemerlang, dan tidak pernah berwajah sedih. Gemas karena pintarnya,” ujar Nina.

Nadiem pun bertanya kepada ketiga gurunya apakah mengira dirinya akan menjadi menteri. Ina, salah satu guru SD Nadiem menjawab bahwa ia tidak pernah mengira hal tersebut.

“Tapi kalau jadi pemimpin, iya (mengira). Pemimpin apa saja, karena sudah kelihatan Nadiem dari kelas 3,” kata Ina.

Nadiem kembali bertanya pada ketiga gurunya. “Saya pernah bermasalah ya waktu SD karena dituduh menanyakan terlalu banyak pertanyaan?”. Nina menjawab repot dan menyenangkan.

Sementara itu, Anwar menilai bahwa sikap Nadiem tersebut juga membuat para guru banyak belajar.

Nadiem mengaku ada satu hal yang membuat dirinya mengingat ketiga gurunya tersebut. Yaitu karakter ketiganya yang selalu memberikan ruang berekspresi dan mengapresiasi pertanyaan.

Dia juga menyampaikan terima kasih kepada ketiga gurunya yang telah mendidiknya sejak kecil. “Terima kasih sudah mentolerir kekurangajaran saya, tapi alhamdulillah bisa berkontribusi kembali kepada dunia pendidikan,” ucap Mendikbud Nadiem.

“Terima kasih untuk pengorbanan anda, terima kasih untuk ketangguhan anda,” tutup Nadiem.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

guru Hari Guru Nadiem Makarim
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top