Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pemerintah Tetap Berkomitmen Terapkan PPKM Level 3 Saat Nataru

PPKM Level 3 menaungi berbagai macam penerapan protokol kesehatan demi menjaga agar aktivitas masyarakat dilakukan dengan hati-hati.
Herdanang Ahmad Fauzan
Herdanang Ahmad Fauzan - Bisnis.com 23 November 2021  |  20:02 WIB
Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito  -  Sumber: www.covid19.go.id
Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito - Sumber: www.covid19.go.id

Bisnis.com, JAKARTA - Kendati ada saja penolakan dari kalangan tertentu, Satgas Penanganan Covid-19 BNPB memastikan kebijakan PPKM Level 3 saat periode libur natal dan tahun baru (nataru) mendatang akan tetap diterapkan pemerintah.

Menurut satgas, setelah melewati pembelajaran berupa kenaikan kasus Covid-19 akibat periode libur tahun lalu, sudah tidak ada lagi tawar menawar terkait kebijakan pada periode libur kali ini.

"Karena pada prinsipnya PPKM Level 3 menaungi berbagai macam penerapan protokol kesehatan demi menjaga agar aktivitas masyarakat dilakukan dengan hati-hati dengan 3M, screening kesehatan, pengaturan mobilitas dan lain-lain," kata juru bicara satgas Wiku Adisasmito dalam konferensi pers, Selasa (23/11).

Wiku juga menggaransi bahwa langkah-langkah antisipatif terhadap potensi gelombang kasus baru akan tetap diterapkan. Setidaknya sampai ada kesimpulan tegas yang menjamin bahwa Indonesia telah mencapai kekebalan komunitas alias herd immunity.

Saat ini, survei terkait kekebalan komunitas masih terus dilakukan oleh pemerintah melalui Kementerian Kesehatan, Kementerian Dalam Negeri, yang bekerja sama dengan dosen-dosen perguruan tinggi di Indonesia.

Survei dilakukan di 34 provinsi yang mencakup sekitar 1.000 desa dan wilayah aglomerasi. Hasil akhirnya diperkirakan baru akan didapat secepat-cepatnya akhir tahun ini.

"Hasil inilah yang dapat memberikan informasi seberapa besar kekebalan komunitas yang telah terbentuk di Indonesia, baik karena infeksi alamiah dan vaksinasi. Sehingga dapat menjadi dasar pengambilan kebijakan yang berbasis data dan fakta," tandasnya. 

HIngga Selasa (23/11), satgas memperkirakan masih ada 7.916 kasus Covid-19 aktif di Indonesia.Jumlah kasus aktif ini menyusut 49 kasus dibandingkan rapor per Senin (22/11).

Sejauh ini, kasus Covid-19 kumulatif di Indonesia telah mencapai 4.253.992 kasus. Dari angka tersebut, 4.102.323 kasus di antaranya telah berstatus kasus sembuh. Sementara itu korban meninggal kumulatif akibat Covid-19 diperkirakan sebanyak 143.753, bertambah 9 orang dari angka sehari sebelumnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona
Editor : Andhika Anggoro Wening

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top