Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PDIP Tantang Anak Muda Raih Beasiswa dan Wujudkan Indonesia Berdikari

Ketua DPP PDIP Bidang Pemuda dan Olahraga Eriko Sotarduga menantang anak muda Indonesia agar percaya diri menuntut ilmu setinggi-tingginya.
Politisi PDIP Eriko Sotarduga./JIBI-Rahmad Fauzan
Politisi PDIP Eriko Sotarduga./JIBI-Rahmad Fauzan

Bisnis.com, JAKARTA - Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Bidang Pemuda dan Olahraga Eriko Sotarduga menantang anak muda Indonesia meraih beasiswa dan percaya diri menuntut ilmu setinggi-tingginya.

“Sesuai pernyataan Bung Karno, agar pemuda menggantungkan cita-cita setinggi langit. Sebab, apabila terjatuh, maka akan jatuh di antara bintang-bintang. Jadi sekali lagi gantungkan cita-cita kita. Kita ingin Indonesia yang tangguh," ujarnya dalam agenda Sosialisasi Peluang Beasiswa LPDP, dikutip Rabu (10/11/2021).

Dia menyampaikan, partainya siap menyalurkan aspirasi masyarakat dalam memperoleh kesempatan meraih beasiswa dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

Eriko melanjutkan, PDIP akan menyampaikan kepada LPDP apabila ada calon mahasiswa tidak lolos seleksi beasiswa, sehingga para mahasiswa juga bisa mengajukan lewat PDIP.

"Nanti bisa melalui website PDI Perjuangan, nanti kami akan bantu untuk menyalurkan," katanya

Dia melanjutkan, upaya tersebut dilakukan partai sejalan dengan pesan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri yang memerintahkan kader partai tidak lagi hanya bicara soal kekuasaan, tetapi turut bermanfaat dalam membantu bidang ilmu pengetahuan

Eriko menjelaskan, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menginginkan LPDP dapat memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada generasi muda untuk berkuliah dan menuntut ilmu.

"Ibu Mega menitipkan pesan agar LPDP juga jangan lupa mengkhususkan bagi ilmu-ilmu murni. Itu matematika, biologi, fisika, kimia," katanya.

Dia menyebut, PDIP ingin anak-anak muda Indonesia saat ini memiliki ilmu yang tinggi sehingga bisa mewujudkan Indonesia yang berdikari.

"Itu yang diajarkan Bung Karno melalui Trisaksi bahwa berdiri di atas kaki sendiri. Supaya generasi mengambil alih dengan pengetahuannya mengelola Indonesia dengan lebih baik," tegasnya.

Eriko mengatakan, PDIP mengapresiasi LPDP yang telah memberikan beasiswa kepada 28.000 mahasiswa, dan sekarang masih 6.000 yang sedang dalam proses beasiswa.

Anggota Komisi X DPR Andreas Pareira mengingatkan bahwa menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), ada 65 juta penduduk usia muda atau 25 persen populasi. Selain itu, terdapat 52 persen generasi Y dan Z. Pihaknya mengingatkan kelompok ini merupakan masa depan Indonesia sehingga harus diberikan pendidikan yang baik.

"Generasi muda harus tangguh untuk menghadapi Indonesia emas 100 tahun pada 2045. Bayangkan sekarang kalau mereka mengambil S2 dan S3 di usia-usia 25, ini 2045 mereka usia 49 tahun, itu mereka yang akan mengelola Indonesia berdasarkan Pancasila," kata Andreas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Editor : Nancy Junita

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper