Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KPK Sebut Ribuan Pemilik Izin Usaha Pertambangan Kemplang Pajak

Rekomendasi untuk mencabut ribuan izin usaha pertambangan (IUP) itu terkait dengan pemenuhan kewajiban pajak para pengusaha tambang.
/Antara
/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah mendorong pencabutan ribuan izin usaha pertambangan (IUP) karena melanggar ketentuan pembayaran pajak

Wakil Ketua KPK Alexander Marwata mengaku pihaknya prihatin lantaran ada pihak yang mengambil kekayaan alam, tetapi tidak mau membayar pajak.

Dia juga menyayangkan hak masyarakat yang hilang karena pihak-pihak yang tidak membayar pajak.

“Harapan kita SDA bisa mensejahterakan kita, tapi dalam banyak kasus masyarakat yang tinggal di sekitar tambang eksplorasi selalu hidup dalam kemiskinan. Kami mendorong keprihatinan ini untuk dapat kita carikan solusi bersama,” ujarnya, Rabu (10/11/2021).

Alex juga menegaskan bahwa KPK saat ini tengah fikus untuk melakukan pengawasan terhadap sektor SDA karena potensi penyimpangannya sangat besar.

Menurut Alex titik lemah dalam rangka penyelamatan SDA di berbagai sektor adalah di sisi penegakan hukum. Mulai dari perpajakan, bea cukai, hingga retribusi daerah.

“Ini fakta. Kita pahamlah semuanya. KPK hadir sebetulnya untuk memperkuat tupoksi Bapak/Ibu semua, sepanjang kehadiran KPK dapat membuat pihak-pihak yang sering melakukan intervensi dapat merasa gentar,” ujar Alex dalam keterangan resmi dikutip Rabu (10/11/2021).

Alex menyampaikan bahwa KPK tidak dapat hadir setiap saat di lapangan, sehingga KPK berharap mendapatkan lebih banyak informasi potensi korupsi dari para pihak yang lebih sering ada di lapangan.

Dia mencontohkan, salah satunya dugaan gratifikasi kepada oknum staf atau petugas Aparat Penegak Hukum (APH) yang bertujuan memperlemah pengawasan.

“Setidaknya ketika staf, petugas atau APH menerima sesuatu supaya pengawasannya lemah, gak jalan. Menerima sesuatu itu gratifikasi. Apalagi dia menerima sesuatu disertai melakukan penyimpangan, jelas itu penyalahgunaan kewenangan,” ucap Alex.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper