Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

IDAI Imbau Anak di Bawah 12 Tahun Ikut Vaksinasi Covid-19

Pentingnya vaksinasi untuk anak lantaran anak yang kerap menjadipembawa virus Covid-19 dan tanpa gejala yang bisa menularkan pada orang tua atau lansia yang rentan apabila terinfeksi.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 04 November 2021  |  15:13 WIB
Pemerintah melaksanakan vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 12-17 tahun - Instagram Pemprov DKI Jakarta
Pemerintah melaksanakan vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 12-17 tahun - Instagram Pemprov DKI Jakarta

Bisnis.com, JAKARTA – Ketua Umum Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Piprim B. Yanuarso mengimbau agar anak di bawah 12 tahun tetap mematuhi protokol kesehatan selepas mengikuti program imunisasi vaksin Covid-19.

“Pada saat pelaksanaan nantinya sebelum dan sesudah vaksinasi, nantinya anak wajib tetap memakai masker dengan benar, tetap menjaga jarak, tidak berkerumun, dan tidak berpergian apabila tidak penting,” ujarnya melalui rekaman video, dikutip Kamis (4/11/2021).

Lebih lanjut, dia mengatakan pelaksanaan imunisasi selanjutnya mengikuti kebijakan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan dapat dimulai setelah mempertimbangkan kesiapan petugas, sarana dan prasarana, jumlah vaksin, dan kesiapan masyarakat.

Selain itu, Piprim menekankan pentingnya vaksinasi untuk anak lantaran anak yang kerap menjadi carrier atau pembawa virus Covid-19 dan tanpa gejala yang bisa menularkan pada orang tua atau lansia yang rentan apabila terinfeksi.

"Karena anak-anak selain bisa tertular, juga bisa menularkan. Anak-anak ini banyak yang jadi OTG, sehingga tidak ketahuan dan bisa menularkan kemana-mana, ke orang tua eyangnya yang ada komorbid sehingga bisa fatal akibatnya," kata dia.

Piprim menyatakan IDAI dengan anggotanya yang lebih dari 4.600 dokter anak siap mendukung program vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6 sampai 11 tahun, sebagaimana yang sudah dilakukan pada program vaksinasi untuk anak usia 12 sampai 17 tahun.

Piprim pun memberikan pesan kepada orang tua untuk jangan ragu membawa anak-anaknya melakukan vaksinasi Covid-19. Penyebabnya, anak-anak selain bisa tertular, juga bisa menularkan Covid-19 kepada anak-anak yang lain.

“Terlebih lagi, banyak yang tidak menunjukkan gejala covid-19, sehingga dapat berpotensi menularkan kemana-mana terutama jika menularkan kepada keluarga lainnya yang mungkin memiliki komorbid,” ujarnya.

#ingatpesanibu #sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

anak-anak vaksinasi Adaptasi Kebiasaan Baru
Editor : Amanda Kusumawardhani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top