Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Doa dan Tips Sukses Berbicara di Depan Umum

Berikut ini bacaan doa dan tips sukses berbicara di depan umum menurut KH Achmad Chalwani.
Ilustrasi latihan berpidato /Kemendikbud
Ilustrasi latihan berpidato /Kemendikbud

Bisnis.com, SOLO - Kemampuan berbicara dengan baik di depan umum penting dimiliki oleh seseorang, terlebih ia adalah seorang pemimpin di komunitasnya.

Namun demikian, tak jarang seseorang merasa grogi dan kurang percaya diri ketika berhadapan dengan audiens yang cukup banyak.

Menyikapi hal itu, ada sejumlah tips dan doa yang bisa dilafalkan agar orang tersebut sukses berpidato di depan umum.

Berikut ini bacaan doa beserta dengan artinya.

Rabbisyrahli shadri wayassirli amri wahlul ‘uqdatan min lisani yafqahu qauli.

Artinya: Ya Tuhanku, lapangkanlah dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, agar mereka mengerti perkataanku. (Q.S. Tha-ha: 25-28).

Menurut Pendakwah KH Achmad Chalwani seperti dilansir dari laman NU.or.id, ayat tersebut dapat dibaca setiap selesai shalat fardu dan ketika hendak naik ke mimbar sebanyak tiga kali.

Perlu sering latihan

Untuk dapat mahir berbicara di depan umum, kata Achmad Chalwani, selain doa juga diperlukan latihan secara terus menerus.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seseorang sebelum memulai berbicara di depan umum.

Pertama, yang perlu dipersiapkan adalah menyusun materi. Misalnya mau berbicara soal sejarah Indonesia, tentu perlu riset dan membuat materi terlebih dahulu.

Kedua, menentukan poin-poin yang dianggap penting atau krusial. Hal ini untuk memudahkan dalam mengingat dan tidak terkesan text book, walaupun harus membawa catatan.

Ketiga, belajar untuk membawakan atau menyampaikan. Sebagai latihan, bisa dilakukan di depan cermin, di depan kelas kosong (dengan menganggap kursi adalah audiens), di depan teman atau rekan kerja. Dan yang terakhir adalah praktik atau langsung berhadapan dengan orang lain. Kemudian perlu juga memintanya untuk memberi feedback atau masukan, kritik dan saran.

Menurutnya, doa dan tips tersebut yang menjadikannya hingga saat ini sukses menjadi pendakwah dan sering dipercaya untuk mengisi sejumlah acara diberbagai kegiatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : NU.or.id

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper