Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Wapres Optimistis G20 di Bali Bakal Sukses

Setelah serah terima dari Italia, Indonesia akan memegang Presidensi G20 selama satu tahun atau merupakan kali pertama Indonesia terpilih sebagai Presidensi G20 sejak dibentuknya G20 pada 1999.
Jaffry Prabu Prakoso
Jaffry Prabu Prakoso - Bisnis.com 01 November 2021  |  05:42 WIB
Wakil Presiden Ma'ruf Amin memberikan sambutan pada acara Bedah Buku
Wakil Presiden Ma'ruf Amin memberikan sambutan pada acara Bedah Buku "Darul Misaq: Indonesia Negara Kesepakatan", secara daring dari Jakarta, Senin (7/6/2021)./Antara - Asdep KIP Setwapres

Bisnis.com, JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengatakan bahwa tahun depan Indonesia akan menjadi Presidensi G20. Acara tahunan dan perdana dilakukan Tanah Air ini akan bertempat di Bali. Harapannya, perhelatan tersebut berjalan dengan sukses.

“Masyarakat Bali yang telah memiliki banyak pengalaman menjadi tuan rumah dari berbagai event nasional maupun internasional. Saya yakin dan percaya acara G20 tersebut juga akan sukses seperti acara-acara sebelumnya,” katanya pada sambutan acara Parisada Hindu Dharma Indonesia secara virtual, Minggu (31/10/2021).

Ma’ruf menjelaskan bahwa masyarakat Bali juga memiliki modal lain yang tak kalah penting.

“Berupa menyatunya sikap budaya atau nilai budaya dan penghayatan beragama. Ini menambah keyakinan saya akan suksesnya acara G20 tersebut,” jelasnya.

Setiap tahunnya para negara anggota G20 bergilir menjadi tuan rumah rangkaian kegiatan pertemuan organisasi tersebut. Pada 2021, Italia mendapat giliran.

Setelah serah terima dari Italia, Indonesia akan memegang Presidensi G20 selama satu tahun atau merupakan kali pertama Indonesia terpilih sebagai Presidensi G20 sejak dibentuknya G20 pada 1999.

Presidensi G20 Indonesia meliputi persiapan dan penyelenggaraan rangkaian pertemuan Presidensi G20 Indonesia pada tahun 2021 dan 2022.

Rangkaian pertemuan tersebut terdiri atas pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT), pertemuan tingkat Menteri dan Gubernur Bank Sentral, pertemuan tingkat Sherpa, pertemuan tingkat Deputi, pertemuan tingkat Working Group, pertemuan tingkat Engagement Group, program Side Events, dan program Road to G20 Indonesia 2022.

Untuk mengoptimalkan posisi Indonesia sebagai penyelenggara Presidensi G20 Indonesia Tahun 2022 tersebut, Presiden Jokowi telah menerbitkan Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) No.12/2021 tentang Panitia Nasional Penyelenggara Presidensi G20 Indonesia.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

indonesia g20 Ma'ruf Amin
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top