Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pesan Mahfud MD ke Mahasiswa Di Luar Negeri: Kalian Harus Jadi Duta Bangsa

Para mahasiswa Indonesia di luar negeri harus berkontribusi sebagai duta bangsa.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 28 Oktober 2021  |  21:22 WIB
Menko Polhukam Mahfud MD menjadi pembicara kunci saat seminar nasional untuk memperingati HUT Ke-6 Badan Keamanan Laut (Bakamla) di Jakarta, Selasa (15/12/2020). Seminar tersebut membahas tema Pengelolaan Perbatasan Laut Republik Indonesia. ANTARA FOTO - Aditya Pradana Putra
Menko Polhukam Mahfud MD menjadi pembicara kunci saat seminar nasional untuk memperingati HUT Ke-6 Badan Keamanan Laut (Bakamla) di Jakarta, Selasa (15/12/2020). Seminar tersebut membahas tema Pengelolaan Perbatasan Laut Republik Indonesia. ANTARA FOTO - Aditya Pradana Putra

Bisnis.com, JAKARTA — Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keananan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengatakan bahwa para mahasiswa Indonesia di luar negeri harus berkontribusi sebagai duta bangsa. 

Menurutnya, para mahasiswa dapat menggambarkan, menjelaskan, dan bila perlu, dapat meluruskan bila ada persepsi salah tentang Indonesia.

“Sebagai duta bangsa di luar negeri, mahasiswa-mahasiswa adalah source of information bagi lingkungan terdekat, saat kembali ke tanah air jadi lah agent of change (agen perubahan) dan pelopor yang berkontribusi membawa kemajuan bagi bangsa,” ujarnya dalam acara Pelantikan Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Dunia, seperti dikutip dari akun Twitter @PolhukamRI, Kamis (28/10/2021).

Mahfud menjelaskan bahwa Sumpah Pemuda berisi janji, semangat dan komitmen generasi muda Indonesia terdahulu untuk mempunyai tanah air satu, bangsa yang satu, dan menjunjung bahasa persatuan.

Menurutnya, tugas generasi muda adalah melanjutkan generasi terdahulu dengan memberikan konstribusi bagi pembangunan dan kesejahteraan rakyat Indonesia.

“Setiap pelajar dan mahasiswa yang belajar di luar negeri adalah duta bangsa. Para pelajar di luar negeri adalah representasi langsung dan nyata dari Indonesia,” katanya.

Menko menginginkan kesan yang tergambar dari mahasiswa adalah cerdas, rajin, cermat, tekun, pekerja keras, patuh terhadap hukum setempat, hormat kepada adat istiadat lokal, dan dapat diandalkan.

Dia berpesan, memajukan dan membangun bangsa yang besar dengan 270 juta penduduk tidak mudah. 

Keamanan dan kestabilan politik, sambungnya, bukanlah suatu pemberian atau given, sehingga harus dipelihara, diusahakan, dan dipelihara dalam tata kelola bangsa yang berdemokrasi.

“Upaya pembangunan dan memajukan bangsa tidaklah mudah dan penuh tantangan. Di tangan para pelajar dan pemimpin masa depan lah, tanggung jawab besar tersebut akan berpindah tangan,” katanya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mahfud md
Editor : Edi Suwiknyo

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top