Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mantan Menlu AS Colin Powell Meninggal karena Covid-19

Ketika dilantik sebagai mantan Menteri Luar Negeri Presiden George Bush pada tahun 2001, Colin Powell menjadi orang kulit hitam pertama dalam sejarah AS yang menjabat peran tersebut.
Colin Powell. /state.gov
Colin Powell. /state.gov

Bisnis.com, JAKARTA — Bekas Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Jenderal Colin Powell meninggal dunia hari ini, Senin, (18/10/2021) karena Covid-19. Menurut keluarganya, Powell meninggal di usia 84 tahun.

"Dia sudah divaksinasi Covid-19 penuh. Kami ingin menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh staf di Walter Reed National Medical Center karena telah merawat dengan baik. Kami kehilangan sosok suami yang tercinta, ayah, kakek dan seorang warga Amerika yang luar biasa," menurut pernyataan resmi keluarga Powell, mengutip Tempo, Senin (18/10/2021).

Ketika dilantik sebagai mantan Menteri Luar Negeri Presiden George Bush pada tahun 2001, Colin Powell menjadi orang kulit hitam pertama dalam sejarah AS yang menjabat peran tersebut. Saat itu, ia juga menjadi pejabat kulit hitam dengan peringkat tertinggi dalam sejarah AS.

Meskipun awalnya menentang operasi militer, Colin Powell telah dituduh menyesatkan publik menjelang invasi Amerika Serikat ke Irak pada 2003. Saat itu ia berusaha membangun dukungan internasional.

Selain itu, Powell adalah jenderal bintang empat yang berperan penting dalam membentuk kebijakan luar negeri Amerika Serikat selama beberapa dekade. Dia menjabat sebagai Penasihat Keamanan Nasional pada masa kepemimpinan Presiden Ronald Reagan 1987–1989. Ia juga tercatat sebagai Kepala Staf Gabungan di bawah mantan Presiden George HW Bush pada 1989.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper