Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bertolak ke Jatim, Jokowi Tinjau Vaksinasi Massal dan Resmikan Bendungan Bendo

Presiden Jokowi rencananya akan meresmikan Bendungan Bendo di Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur pada Selasa (7/9/2021).
Presiden Jokowi melaksanakan kunjungan kerja ke Jawa Timur menggunakan pesawat Kepresidenan RI dengan cat merah, Kamis (19/8/2021)/Biro Setpres RI
Presiden Jokowi melaksanakan kunjungan kerja ke Jawa Timur menggunakan pesawat Kepresidenan RI dengan cat merah, Kamis (19/8/2021)/Biro Setpres RI

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertolak menuju Provinsi Jawa Timur untuk melakukan kunjungan kerja pada Selasa (7/9) pagi.

Dalam kunjungannya hari ini, Jokowi akan meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi Covid-19 massal di beberapa tempat.

Usai meninjau vaksinasi massal, Presiden juga rencananya akan meresmikan Bendungan Bendo di Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur.

"Dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta, pagi ini saya menuju Jawa Timur. Dalam kunjungan sehari di provinsi itu, saya hendak meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi massal di beberapa tempat, dan meresmikan Bendungan Bendo di Kabupaten Ponorogo," kata Jokowi melalui akun twitter @Jokowi, Selasa (7/9/2021).

Berdasarkan keterangan dari laman resmi Sekretariat Kabinet, setibanya di Pangkalan TNI AU Iswahjudi, Kabupaten Magetan, Presiden langsung menuju SMK PGRI 2 Ponorogo, Kabupaten Ponorogo, untuk meninjau kegiatan vaksinasi Covid-19 bagi para pelajar.

Setelahnya, Presiden juga akan meninjau pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di Pondok Pesantren K.H. Syamsuddin, Kabupaten Ponorogo, yang diperuntukkan bagi para pelajar dan santri. Di sana, Presiden akan turut menyapa para peserta vaksinasi dari sejumlah rumah ibadah di seluruh Indonesia.

Selain meninjau kegiatan vaksinasi Covid-19, Presiden Jokowi juga diagendakan untuk melakukan peninjauan sekaligus meresmikan Bendungan Bendo yang ada di Dusun Bendo, Kecamatan Sawoo, Kabupaten Ponorogo.

Pada siang harinya, Presiden akan melanjutkan perjalanan menuju Kota Blitar dengan menggunakan Helikopter Super Puma TNI AU. Setibanya di Kota Blitar, Presiden akan langsung menuju lokasi Pusat Informasi Pariwisata dan Perdagangan (PIPP) guna meninjau kegiatan vaksinasi Covid-19 yang diperuntukkan bagi masyarakat.

Setelahnya, Kepala Negara bersama rombongan akan kembali ke Jakarta dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 melalui Pangkalan TNI AU Abdulrachman Saleh, Kabupaten Malang.

Turut mendampingi Presiden dalam penerbangan menuju Provinsi Jawa Timur antara lain Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI M. Tonny Harjono, Komandan Paspampres Mayjen TNI Tri Budi Utomo, serta Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

Adapun, ini merupakan ketiga kalinya Jokowi meresmikan proyek bendungan dalam waktu yang berdekatan.

Sebelumnya, Presiden Jokowi meresmikan proyek Bendungan Kuningan di Desa Randusari, Kecamatan Cibeureum, Kabupaten Kuningan, Selasa (31/8/2021).

Bendungan Kuningan yang merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN) yang berfungsi menyuplai air secara kontinu ke beberapa daerah seperti Kabupaten Kuningan, Kabupaten Cirebon, serta Kabupaten Brebes di Jawa Tengah.

Bendungan Kuningan memiliki daya tampung air 25,9 juta meter kubik dengan luas genangan mencapai 221,59 hektare. Bendungan lebih dari cukup untuk mengairi 3.000 hektare daerah irigasi di tiga daerah lintas provinsi tersebut.

Presiden menyebutkan Bendungan Kuningan menghabiskan biaya pembangunan Rp513 miliar dan selesai dalam waktu tujuh tahun. Jokowi berharap bendungan ini dapat dinikmati sebesar-besarnya ioleh masyarakat terutama petani.

Setelah itu Presiden Jokowi kembali meresmikan proyek Bendungan Way Sekampung di Kabupaten Pringsewu, Lampung, pada Kamis (2/9/2021).

Bendungan yang dibangun dengan biaya Rp1,78 triliun ini memiliki kapasitas tampung 68 juta meter kubik dengan luas genangan 800 hektare.

Kepala Negara juga menyampaikan bahwa bendungan ini multifungsi yaitu sebagai irigasi, menyediakan air baku, pembangkit listrik hinga pengendalian banjir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper