Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Insentif Kartu Prakerja Gelombang 18, Ini Cara Mencairkan Dana

Simak cara mudah untuk mencairkan insentif kartu prakerja gelombang 18.
Situs resmi program Kartu Prakerja hanya di prakerja.go.id / Tangkapan layar prakerja.go.id
Situs resmi program Kartu Prakerja hanya di prakerja.go.id / Tangkapan layar prakerja.go.id

Bisnis.com, JAKARTA - Bagi Anda yang sedang dilanda kebingungan cara mencairkan dana dari kartu prakerja gelombang 18, maka bisa mengikuti cara di bawah ini.

Adapun Kartu Prakerja merupakan program pengembangan kompetensi kerja bagi para pencari kerja, pekerja/buruh yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK), dan membutuhkan peningkatan kompetensi. Program ini telah berlangsung sejak April 2020, kini Kartu Prakerja telah sampai kepada gelombang 18.

Penerima kartu prakerja bisa mengakses halaman prakerja.go.id, insentif yang diterima terdiri atas dua jenis yaitu insentif biaya mencari kerja sebanyak Rp600.000 yang akan diterima setiap bulan selama empat bulan. Kemudian, penerima juga mendapatkan Rp50.000 per survei (maksimal 3) setelah mengisi survei evaluasi.

Selain kedua insentif tersebut, penerima juga menerima uang pelatihan senilai Rp1 juta yang harus segera dihabiskan untuk biaya pelatihan pada platform digital, karena uang tersebut tidak dapat dicairkan. 

Dalam laman prakerja.go.id, tertera jumlah insentif yang diterima atau juga melalui SMS. Setelah itu, penerima diminta untuk mengkonfirmasi nomor rekening bank atau e-Wallet (BNI, OVO, LinkAja, GoPay, DANA) yang terhubung langsung oleh mitra pelatihan pada platform digital.

Selengkapnya perhatikan tahapan berikut ini.

  1. Setelah berhasil berada pada Dashboard profil diri, pada menu rekening, pilih 'sambungkan rekening'
  2. Akan tertera pilihan bank atau e-wallet, pilih dan masukkan nomor rekening bank atau nomor e-wallet yang dimiliki
  3. Selanjutnya akan diminta memasukkan nomor OTP yang dikirimkan via SMS. Setelah selesai, rekening bank atau e-wallet telah tersambung

Perlu dicatat, insentif biaya mencari kerja dapat diterima dan dicairkan oleh penerima jika telah menyelesaikan pelatihan pertama yang ditandai adanya sertifikat dan memberikan ulasan terkait pelatihan tersebut terlebih dahulu. Jadi, bagaimana cara mengikuti pelatihan dengan bantuan dana yang diterima? Berikut langkah-langkahnya. 

  1. Memilih salah satu diantara pilihan menu pada dashboard Kartu Prakerja (prakerja.go.id), baik sesuai minat ataupun keahlian
  2. Akan dialihkan kemudian ke laman baru untuk memilih jenis program pelatihan di kategori "Kartu Prakerja"
  3. Klik "Beli" jika sudah menentukan pilihan, dan masukkan nomor Kartu Prakerja ke menu pembelian pelatihan
  4. Menunggu beberapa saat hingga transaksi berhasil

Untuk informasi tambahan, jadwal pengisian survei dapat diterima ketika penerima telah menerima insentif biaya mencari kerja. Jadi pastikan telah menerima insentif tersebut dan tekun untuk memeriksa dashboard terkait kemungkinan akan adanya jadwal terbaru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper