Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Level PPKM Diturunkan, Menkominfo Minta Masyarakat Tetap Waspada

Menkominfo Johnny G. Plate menyatakan pandemi Covid-19 belum usai bahkan beberapa negara sedang mengalami gelombang ketiga dengan penambahan kasus yang signifikan.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 24 Agustus 2021  |  15:22 WIB
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate menghadiri rapat kerja dengan Komisi I DPR di Jakarta, Senin (22/6/2020). Bisnis - Dedi Gunawan
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate menghadiri rapat kerja dengan Komisi I DPR di Jakarta, Senin (22/6/2020). Bisnis - Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA - Masyarakat diminta untuk optimistis dengan tetap waspada terhadap pandemi Covid-19 meski level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di beberapa daerah telah diturunkan

Hal tersebut disampaikan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate. "Tetap optimis namun juga waspada. Dalam mengendalikan pandemi Covid-19 ini dibutuhkan kesabaran, kekompakan, kedisiplinan, kerja keras, dan doa kita sebagai satu bangsa," katanya sebagaimana dilansir Antara, Selasa (24/8/2021).

Johnny juga mengingatkan, pandemi Covid-19 belum usai bahkan beberapa negara sedang mengalami gelombang ketiga dengan penambahan kasus yang signifikan. Oleh karena itu, pemerintah akan terus menerapkan PPKM untuk mengatur kegiatan masyarakat.

Pada Senin (23/8/2021) pemerintah telah memutuskan memperpanjang PPKM Level 4, 3, dan 2 di seluruh wilayah Indonesia yang berlaku selama sepekan ke depan di Jawa-Bali, dan dua pekan untuk di luar Jawa-Bali.

Untuk Pulau Jawa dan Bali, pemerintah menurunkan level PPKM di beberapa daerah, dari level 4 menjadi level 3, yaitu wilayah aglomerasi Jabodetabek, Bandung Raya, dan Surabaya Raya. Sementara itu, wilayah Aglomerasi Bali, Malang Raya, Solo Raya serta DIY, masih akan menerapkan PPKM level 4.

Menurut Johnny, penerapan PPKM yang selama ini dilakukan pemerintah telah menunjukkan hasil yang baik dalam pengendalian pandemi Covid-19.

Dibandingkan titik puncak kasus pada 15 Juli 2021, kasus konfirmasi positif saat ini sudah turun sebesar 78 persen. Angka kesembuhan juga meningkat secara konsisten selama beberapa minggu terakhir. Hal ini berkontribusi terhadap penurunan keterisian tempat tidur (BOR) nasional yang saat ini berada di angka 33 persen.

"Ini patut kita syukuri dan pemerintah sangat mengapresiasi peran aktif masyarakat dalam mematuhi peraturan," ujar Johnny.

Sejak pekan lalu, pemerintah mulai membuka sejumlah aktivitas di beberapa kota besar. Daerah dengan PPKM Level 4 diizinkan membuka kegiatan di pasar rakyat yang menjual nonkebutuhan sehari-hari, pusat perbelanjaan, dan aktivitas makan di tempat dengan beberapa ketentuan.

Tempat ibadah juga telah dibuka dengan pembatasan kapasitas. Kemudian daerah dengan PPKM Level 3 dan 2 sudah diizinkan membuka sekolah untuk kegiatan belajar tatap muka.

“Dalam pembukaan aktivitas dan penyesuaian yang ada, kami mengharapkan kerja sama dari setiap pihak untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan secara ketat, terutama pemakaian masker," ujarnya.

Dia pun menambahkan percepatan dan perluasan vaksinasi juga membutuhkan partisipasi aktif masyarakat. "Seperti diutarakan presiden, kita berharap akhir bulan ini target 100 juta dosis vaksin tercapai,” tambahnya.

#ingatpesanibu, #sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua #ingatpesanibu

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

menkominfo Covid-19 Adaptasi Kebiasaan Baru PPKM Darurat

Sumber : Antara

Editor : Annisa Sulistyo Rini

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top