Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Istana Presiden Kembalikan Naskah Asli Teks Proklamasi ke ANRI

Naskah asli teks proklamasi dihadirkan pada Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke - 76 di Istana Merdeka, Selasa (17/8/2021).
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 18 Agustus 2021  |  19:15 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Sekretariat Presiden mengembalikan dokumen naskah asli teks proklamasi kepada Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) pada Rabu (18/08/2021).

Naskah asli teks proklamasi dihadirkan pada Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke - 76 di Istana Merdeka, Selasa (17/8/2021).

Berdasarkan keterangan resmi Setkab, proses pengembalian naskah asli Teks Proklamasi tersebut dilakukan oleh Kepala Biro Administrasi Sekretariat Presiden, Sony Kartiko dan kepada Direktur Preservasi ANRI Kandar, yang berlangsung di Gedung O, ANRI, Jakarta Selatan.

Kegiatan ini turut disaksikan oleh Kepala Biro Umum Sekretariat Presiden Erry Hermawan dan Plh. Kepala Biro Umum ANRI Dipo Winarto.

"Naskah bertulis tangan Proklamator, Ir. Soekarno tersebut dibawa dari tempat penyimpanan di Istana Merdeka menuju ANRI untuk kemudian dilakukan serah terima dan kembali mendapatkan perawatan terbaik," tulis keterangan resmi Setkab, Rabu (18/8/2021).

Menurut catatan sejarah, naskah asli Teks Proklamasi tersebut diselamatkan dan disimpan oleh seorang tokoh pers dan pejuang kemerdekaan, B.M. Diah. Tes itu kemudian diserahkan kepada Presiden Kedua RI, Soeharto. Kemudian, naskah tersebut diteruskan kepada Menteri Sekretaris Negara 1988-1998, Moerdiono.

Pada tahun 1992, Moerdiono menyerahkan dokumen bersejarah tersebut kepada ANRI untuk disimpan dan dirawat dengan baik hingga saat ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hut proklamasi kemerdekaan HUT Kemerdekaan RI
Editor : Oktaviano DB Hana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top