Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Alert! Covid-19 di Sumatra, Kalimantan dan Sulawesi Naik 3 Pekan Terakhir

Satgas Penanganan Covid-19 menyoroti tren kenaikan kasus Covid-19 di Sumatra, Kalimantan dan Sulawesi.
Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito./Antara
Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito./Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyoroti kenaikan kasus Covid-19 di sejumlah daerah yang terjadi selama tiga pekan terakhir. Mayoritas wilayah tersebut berada di Sumatra, Kalimantan dan Sulawesi.

Dia mengatakan bahwa hampir semua provinsi di Sumatra menunjukan kenaikan kasus selama tiga minggu terakhir. Hanya Kepulauan Riau yang telah menunjukan penurunan kasus.

“Sedangkan di Kalimantan, seluruh provinsinya masih menunjukan kenaikan 3 mingggu berturut-turut, kecuali Kalimantan Barat sempat mengalami penurunan,” kata Wiku melalui keterangan pers virtual, Selasa (3/8/2021).

Lebih lanjut di Sulawesi, seluruh provinsi juga mengalami kenaikan selama tiga minggu kecuali Sulawesi Tenggara dan Gorontalo yang sempat mengalami penurunan angka konfirmasi.

Sementara itu di Pulau Jawa, Wiku menyebut bahwa DI Yogyakarta masih menunjukan kasus positif selama dua minggu terakhir. Kenaikan kasus yang belum juga dapat ditekan pada sebagian wilayah tersebut perlu menjadi perhatian pemerintah.

“Kenaikan ini juga bisa terjadi karena Pemda dan masyarakatnya lengah dan menganggap daerahnya baik-baik saja hanya karena tidak menerapkan PPKM level 4,” ujarnya.

Dia meminta Pemda dan masyarakat dari provinsi tersebut bersiap menghadapi kenaikan kasus. Masih naiknya kasus kurang lebih tiga pekan terakhir, Satgas menilai perlu antisipasi dan kesiapan dari seluruh fasilitas kesehatan di daerah masing-masing.

Satgas juga meminta Pemda memastikan penambahan tempat tidur rumah sakit untuk pasien Covid-19 atau membuka tempat isolasi terpusat jika dibutuhkan.

“Pastikan suplai oksigen dan obat-obatan tercukupi dan terdistribusi dengan baik,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rayful Mudassir
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper