Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Google Sumbang Rp14,5 Miliar untuk Penanganan Covid-19 di Indonesia

Dana hibah US$1 juta atau Rp14,5 miliar ini akan diserahkan kepada International Federation of Red Cross and Red Crescent Societies (IFRC) untuk mendukung Palang Merah Indonesia.
Ilustrasi Google./Antara-Reuters
Ilustrasi Google./Antara-Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Lembaga filantropi Google, Google.org, mengumumkan komitmen dukungan baru senilai US$1 juta atau setara Rp14,5 miliar (kurs Rp 14.500) untuk membantu meredakan krisis pandemi di Indonesia.

“Melalui hibah Google.org kepada IFRC ini, kami ingin berpartisipasi dalam perjuangan melawan Covid-19 di Indonesia," ujar Managing Director Google Indonesia Randy Jusuf dalam keterangan tertulis, Kamis (29/7/2021).

Randy mengatakan perseroan telah memfokuskan upaya untuk memastikan orang memiliki akses cepat ke informasi dan alat-alat untuk mendapatkan informasi, terus terhubung, dan tetap aman selama krisis yang terjadi sekarang ini.

"Namun, melihat negara masih berjuang melawan peningkatan kasus Covid-19 yang menyebabkan tekanan luar biasa berat pada sistem layanan kesehatan kita, kami percaya bahwa kami di Google harus berusaha semaksimal mungkin untuk membantu masyarakat dengan mengembangkan dukungan Covid-19 kami," tutur dia.

Dana hibah US$1 juta ini akan diserahkan kepada International Federation of Red Cross and Red Crescent Societies (IFRC) untuk mendukung Palang Merah Indonesia.

Pasalnya, dua organisasi ini mengadakan dan memasok peralatan medis seperti tabung oksigen, konsentrator oksigen, ventilator, serta peralatan diagnostik untuk menggenjot pengujian di seluruh Indonesia. PMI juga terus mendukung pemerintah untuk mengatasi dampak sekunder pandemi, khususnya dalam aspek kesehatan dan malnutrisi.

“Hampir 7.000 personel Palang Merah Indonesia bekerja tak kenal lelah untuk menyelamatkan nyawa, tetapi jumlah orang yang membutuhkan bantuan masih sangat tinggi," Kepala Delegasi IFRC di Jakarta, Jan Gelfand.

Dia mengatakan pendanaan dari Google.org ini sangat penting untuk memastikan bahwa lebih banyak orang memiliki akses ke perawatan dan dukungan yang dibutuhkan selagi IFRC bekerja sama dengan otoritas untuk mengendalikan gelombang baru Covid-19.

Inisiatif ini menyambung dukungan berkelanjutan Google dalam menghadapi pandemi di Indonesia dan kawasan sekitarnya. Google.org sebelumnya telah memberikan Ad Grants kepada dinas-dinas dan berbagai organisasi untuk menayangkan kampanye informasi kesehatan publik secara gratis.

Sejak awal pandemi, Google.org juga turut mendanai distribusi vaksin di Asia dan seluruh dunia melalui Gavi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper