Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jokowi: ASN Bukan Pejabat yang Minta Dilayani

Presiden meminta para ASN untuk bisa beradaptasi di tengah disrupsi zaman dengan terus meningkatkan kapasitas dan kompetensi.
Aparatur sipil negara (ASN)/Kemendagri
Aparatur sipil negara (ASN)/Kemendagri

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo atau Jokowi berharap semua aparatur sipil negara (ASN) memegang teguh nilai-nilai dasar atau semboyan yang sama.

“Setiap ASN harus mempunyai orientasi yang sama yaitu memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat. ASN bukan pejabat yang justru minta dilayani, yang bergaya seperti pejabat zaman kolonial dulu, itu tidak boleh lagi, bukan zamannya lagi,” ujarnya dalam sambutan acara Launching Core Value dan Employee Value Proporsition ASN, dikutip dari YouTube Setpres, Selasa (27/7/2021).

Menurutnya, setiap ASN di semua profesi harus memiliki jiwa untuk melayani masyarakat.

Kepala Negara menegaskan, bahwa seluruh sumber daya dan kewenangan yang diberikan negara harus dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk kepentingan masyarakat.

“Otoritas dan sumber daya ini harus digunakan secara akuntabel dengan loyalitas tinggi kepada pemerintah bangsa dan negara, serta menjaga kehidupan masyarakat yang harmonis,” kata Jokowi.

Dia juga meminta para ASN untuk bisa beradaptasi di tengah disrupsi zaman dengan terus meningkatkan kapasitas dan kompetensi.

Pasalnya, kini banyak masalah yang tidak bisa diselesaikan oleh satu dinas, daerah, kementerian/lembaga tertentu dan bahkan satu disiplin ilmu.

“Kolaborasi lintas organisasi, lintas daerah, lintas ilmu, lintas profesi menjadi sangat penting karena semua masalah selalu lintas sektor dan lintas disiplin,” imbuhnya.

Dia berpesan kepada seluruh ASN untuk menghilangkan semua ego baik sektoral, daerah, hingga ego ilmu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper