Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kirim Tambahan 1,5 Juta Vaksin, Senator AS Ini Ungkap Rencana Bantuan Lanjutan untuk RI

Senator Partai Demokrat Tammy Duckworth ungkap upaya berlanjut dari pemerintah AS untuk meningkatkan bantuan bagi tanggap Covid-19 Indonesia yang lebih luas lagi, yang mencakup lebih dari US$14,5 juta dalam bentuk bantuan langsung.
Senator Amerika Serikat dari Partai Demokrat Tammy Duckworth/Istimewa
Senator Amerika Serikat dari Partai Demokrat Tammy Duckworth/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Amerika Serikat kembali mengirimkan donasi 1,5 juta dosis vaksin virus Corona merek Moderna ke Indonesia. Pengiriman ini merupakan tambahan dari 3 juta dosis vaksin Moderna yang diumumkan Pemerintahan Presiden Joe Biden pada akhir pekan lalu.

Dengan adanya tambahan vaksin bantuan ini, maka total donasi vaskin virus Corona dari Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia menjadi 4,5 juta dosis.

Bantuan AS ini direspon positif oleh Tammy Duckworth, anggota Senat dari Partai Demokrat dan Veteran Perang Amerika Serikat, yang ternyata tinggal di Indonesia.

“Saya senang sekali mengumumkan bahwa Amerika Serikat mengirimkan 1,5 juta dosis vaksin untuk Indonesia yang tengah menghadapi peningkatan tajam kasus dan kematian akibat Covid-19. Vaksin ini melengkapi tiga juta dosis yang dikirimkan pekan lalu, tanpa pamrih, tapi berdasarkan pemahaman bahwa tidak ada satu bangsa yang bisa benar-benar aman dari Covid-19 hingga semua bangsa aman,” kata Duckworth, Senin (12/7/2021).

Menurut Duckworth, semua pihak sebaiknya saling bekerja sama untuk menyelamatkan nyawa dan membantu mengakhiri pandemi yang dahsyat ini, di mana pun. Amerika Serikat akan terus bekerja sama dengan Indonesia untuk memastikan masyarakat menerima dosis vaksin yang aman dan efektif, serta bantuan internasional yang mereka butuhkan untuk keluar dari pandemi yang mematikan ini.

Sebelumnya pada Jumat (10/7/2021) di Washington, D.C., Senator Duckworth berbicara dengan Kuasa Usaha Ad-Interim RI untuk AS Iwan Freddy Hari Susanto, yang merupakan pejabat tertinggi di Kedutaan Besar Indonesia di Amerika Serikat. Pembicaraan itu untuk menggarisbawahi komitmen Amerika terhadap masyarakat Indonesia dalam menghadapi kasus dan kematian Covid-19 yang baru-baru ini meningkat secara tajam.

Dalam perbincangan tersebut, keduanya juga mendiskusikan upaya berlanjut dari pemerintah AS untuk meningkatkan bantuan bagi tanggap Covid-19 Indonesia yang lebih luas lagi, yang mencakup lebih dari US$14,5 juta dalam bentuk bantuan langsung Covid-19, termasuk US$3,5 juta untuk membantu memvaksinasi masyarakat Indonesia dengan cepat dan aman.

Duckworth sebelumnya pernah digadang-gadang untuk menemani Joe Biden sebagai cawapres pada pemilu tahun lalu di AS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper