Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Vaksinasi Ketiga, Nakes Dapat Prioritas Akses Vaksin Moderna

Vakin moderna akan diberikan dalam program vaksinasi ketiga kepada tenaga kesehatan. Vaksinasi akan dimulai pada pekan depan.
Vaksin Moderna
Vaksin Moderna

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah akan memberikan vaksinasi ketiga kepada tenaga kesehatan (nakes). Jenis vaksin yang diberikan adalah vaksin Moderna yang didatangkan dari Amerika Serikat.

“Vaksinasi ketiga hanya diberikan kepada nakes, karena mereka yang setiap hari bertemu dengan virus Corona, mereka harus dilindungi mati-matian,” kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Jumat (9/7/2021).

Menkes menjelaskan bahwa pihaknya sudah berdiskusi dengan BPOM dan otoritas terkait, sebagai penasihat independen program vaksinasi. “Dan vaksin yang akan diberikan adalah vaksin Moderna. Dengan demikian bisa memberikan kekebalan maksimal terhadap nakes,” imbuhnya.

Adapun, eks Wamen BUMN ini menjelaskan bahwa vaksin Moderna akan tiba di Indonesia secara bertahap. Ada 4 juta dosis vaksin. “Vaksin ini akan datang pada hari Minggu dan diharapkan vaksinasi dimulai pekan depan,” jelasnya.

Seperti diketahui, sebuah studi di laboratorium mengindentifikasi vaksin Moderna menghasilkan antibodi penawaran pada virus Delta.

Dilansir dari CNA, Kamis (1/7/2021) penelitian tersebut dilakukan pada serum darah dari delapan peserta yang diperoleh satu pekan setelah mereka menerima dosis kedua vaksin mRNA-1273.

Vaksin tersebut memicu respons antibodi terhadap semua varian yang diuji, termasuk jadi antibodi varian Delta.

Vaksin Moderna juga menunjukkan jauh lebih efektif melawan varian Beta yang pertama kali diidentifikasi di Afrika Selatan.

Penelitian tersebut juga menyebutkan antibodi penetralisir yang dihasilkan vaksin berkurang enam hingga delapan kali lipat dibandingkan dengan yang diproduksi melawan strain asli.

Vaksin itu bereaksi pada terhadap tiga virus varian Beta terbaru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Edi Suwiknyo
Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper