Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Gates Foundation Gelontorkan Rp30,2 Triliun untuk Kesetaraan Gender Dunia

Gates Foundation berencana untuk fokus pada tiga bidang inti yang merupakan kunci untuk memajukan kesetaraan gender yakni pemberdayaan ekonomi; keluarga berencana dan kesehatan; dan percepatan kepemimpinan perempuan.
Reni Lestari
Reni Lestari - Bisnis.com 01 Juli 2021  |  10:08 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (kiri), disaksikan istri pendiri Microsoft Melinda Gates menjadi panelis pada sesi Pathways to Prosperity dalam rangkaian Pertemuan Tahunan IMF - World Bank Group 2018 di Nusa Dua, Bali, Kamis (11/10/2018). - ANTARA/Anis Efizudin
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (kiri), disaksikan istri pendiri Microsoft Melinda Gates menjadi panelis pada sesi Pathways to Prosperity dalam rangkaian Pertemuan Tahunan IMF - World Bank Group 2018 di Nusa Dua, Bali, Kamis (11/10/2018). - ANTARA/Anis Efizudin

Bisnis.com, JAKARTA - Gates Foundation mengumumkan bahwa yayasan itu akan menggelontorkan dana senilai US$2,1 miliar atau sekitar Rp30,24 triliun untuk memajukan kesetaraan gender secara global selama lima tahun ke depan.

Pengumuman ini datang selang beberapa minggu setelah ketua bersama Melinda French Gates dan Bill Gates mengumumkan perceraian mereka dan pada saat pejabat pemerintah di seluruh dunia berkumpul di Paris untuk Forum Kesetaraan Generasi, sebuah acara yang berfokus pada penyediaan peluang yang lebih besar bagi perempuan dan anak perempuan di seluruh dunia.

"Dunia telah berjuang untuk kesetaraan gender selama beberapa dekade, tetapi kemajuannya lambat. Sekarang adalah kesempatan untuk menghidupkan kembali sebuah gerakan dan memberikan perubahan nyata,” kata Melinda dalam sebuah pernyataan, dilansir CNBC International, Kamis (1/7/2021).

Dengan komitmen US$2,1 miliar ini, Gates Foundation berencana untuk fokus pada tiga bidang inti yang merupakan kunci untuk memajukan kesetaraan gender yakni pemberdayaan ekonomi; keluarga berencana dan kesehatan; dan percepatan kepemimpinan perempuan.

Ketika dirinci, Gates Foundation mengatakan bahwa US$650 juta dari komitmen ini akan digunakan untuk meningkatkan inklusi keuangan perempuan dan mengurangi hambatan yang dihadapi perempuan di tempat kerja dan US$1,4 miliar untuk meningkatkan akses ke kontrasepsi dan mendukung berbagai organisasi keluarga berencana.

Sisa uangnya, yang mencakup komitmen US$100 juta selama lima tahun dan komitmen US$230 juta selama 10 tahun untuk membongkar hambatan sistemik yang dihadapi perempuan dan anak perempuan di seluruh dunia ketika mencoba memasuki posisi kepemimpinan.

"Kesetaraan gender harus menjadi pusat upaya dunia untuk membuat kemajuan menuju Tujuan Pembangunan Berkelanjutan,” kata Bill dalam sebuah pernyataan.

Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau SDGs adalah 17 tujuan global yang ditetapkan oleh Majelis Umum PBB pada 2015 yang harus dicapai pada 2030 untuk membuat dunia lebih setara bagi semua orang.

"Memprioritaskan kesetaraan gender bukan hanya hal yang benar untuk dilakukan, sangat penting untuk memerangi kemiskinan dan penyakit yang dapat dicegah,” imbuh Bill.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gates foundation yayasan bill dan melinda gates Kesetaraan gender
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top