Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tiga RS Khusus Covid-19 di DKI Ini Hanya Tangani Kasus Berat

RSPI masih membuka rawat jalan bagi pasien Covid-19 dengan penyakit kronis yang harus diberikan perawatan rutin.
RS Fatmawati/
RS Fatmawati/

Bisnis.com, JAKARTA - Tiga rumah sakit di Jakarta yang baru saja ditunjuk oleh pemerintah untuk menangani kasus Covid-19 ini hanya akan menerima pasien dengan kondisi berat.

Direktur Utama RS Penyakit Infeksi Prof. Dr. Sulianti Saroso Mohammad Syahril yang juga Plt Direktur Utama RSUP Persahabatan menjelaskan bahwa ketiga rumah sakit tersebut hanya menerima pasien dengan kondisi berat dan kritis.

Untuk itu, masyarakat diminta agar tidak panik. Dia menjelaskan untuk kasus tanpa gejala atau gejala ringan cukup melakukan isolasi. Gejala ringan yang dimaksud seperti batuk, demam, dan sakit tenggorokan.

Adapun, gejala sedang seperti sesak napas, gangguan pernapasan perlu dirujuk ke rumah sakit yang terdekat, tidak perlu ke rumah sakit rujukan.

“Kami memberi kesempatan untuk kasus berat dan kritis langsung ke RSPI atau RS Persahabatan. Walaupun sedang tetapi ada komorbid seperti diabetes, hipertensi, ginjal atau penyakit kronis lainnya perlu dapat perhatian,” kata Syahril dalam konferensi pers, Kamis (24/6/2021).

Kementerian Kesehatan baru saja menunjuk tiga rumah sakit yang berada di bawah kewenangan Kemenkes, yakni RSUP Fatmawati, RSUP Persahabatan, dan RS Penyakit Infeksi Prof. Dr. Sulianti Saroso khusus untuk penanganan Covid-19 sebagai respons melonjaknya kasus secara nasional.

Dia menjelaskan RSPI masih membuka rawat jalan bagi pasien dengan penyakit kronis yang harus diberikan perawatan rutin.

Adapun, untuk ketersediaan obat masih cukup untuk 2 - 3 bulan ke depan termasuk alat pelindung diri (APD). Rumah sakit juga telah memastikan ketersediaan oksigen kepada pihak pemasok untuk menjamin hingga masa lonjakan selesai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nindya Aldila
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper