Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Berbatasan DKI, Wapres Minta Tangsel Kebut Vaksinasi Covid-19

Wapres Ma'ruf Amin mendorong Tangsel agar mencapai target vaksinasi 5.000 per hari untuk mengejar target herd immunity.
Nindya Aldila
Nindya Aldila - Bisnis.com 15 Juni 2021  |  16:07 WIB
Wakil Presiden Ma'ruf Amin memberikan sambutan pada acara Bedah Buku
Wakil Presiden Ma'ruf Amin memberikan sambutan pada acara Bedah Buku "Darul Misaq: Indonesia Negara Kesepakatan", secara daring dari Jakarta, Senin (7/6/2021)./Antara - Asdep KIP Setwapres

Bisnis.com, JAKARTA - Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengingatkan kepada daerah yang berdekatan dengan DKI Jakarta seperti Kota Tangerang Selatan untuk mempercepat vaksinasi dan memperketat protokol kesehatan seiring dengan melonjaknya jumlah kasus harian.

Wapres mengatakan pemerintah terus berupaya mengejar target kekebalan komunitas atau herd immunity sebesar 70 persen secara nasional, atau sama dengan 181,5 juta penduduk.

Untuk mencapai target tersebut, Wapres menyatakan bahwa program vaksinasi nasional juga harus selaras dengan program di daerah.

Di Tangerang Selatan, dengan jumlah penduduk sebanyak 1,3 juta maka untuk mencapai herd immunity, vaksinasi harus mencapai sekitar 800.000 orang. Untuk itu, Wapres mendorong Tangsel agar mencapai target vaksinasi 5.000 per hari.

“Karena Tangsel bagian dari klaster Jakarta dan sekitarnya yang tingkat penularannya cukup tinggi. Oleh karena itu target [vaksinasi] harus dicapai,” kata Wapres saat melakukan kunjungan kerja di Kota Tangerang Selatan pada Selasa (15/6/2021) seperti dikutip dari keterangan resmi.

Tidak hanya program vaksinasi, lanjut Wapres, untuk mencegah penularan, perlu dilakukan pengetatan pelaksanaan protokol kesehatan, terutama pemakaian masker.

“Saya lihat di pinggiran masih yang banyak tidak pakai masker. Begitu juga dengan penerapan dan pengawasan intensifikasi, penerapan PPKM di tingkat RW menjadi sangat penting,” ungkapnya.

Satgas Covid-19 mencatatkan kenaikan kasus cukup signifikan dalam sepekan terakhir. Per 14 Juni, terdapat kasus baru sebanyak 8.189, menjadikan total kasus Covid-19 di Indonesia mencapai 1.919.547. Adapun 237 orang dilaporkan meninggal, menambah catatan kematian sebanyak 53.116.

Dalam peninjauan kali ini, Wapres didampingi oleh Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Ganip Warsito, Gubernur Banten Wahidin Halim, Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy, dan Walikota Tangerang Selatan Benyamin Davnie.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

dki jakarta tangerang selatan vaksinasi wapres ma'ruf amin Covid-19
Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top