Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pengumuman Hasil UTBK SBMPTN 2021, Yang Lulus Hanya 23,78 Persen

Dalam Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Perguruan Tinggi Negeri (UTBK SBMPTN) yang diterima jumlahnya minimal 40 persen dari daya tampung PTN, Satker dan BLU.
Mutiara Nabila
Mutiara Nabila - Bisnis.com 14 Juni 2021  |  10:58 WIB
Sejumlah lulusan SMA mencari informasi hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020 di Depok, Jawa Barat, Jumat (14/8/2020). - Antara
Sejumlah lulusan SMA mencari informasi hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020 di Depok, Jawa Barat, Jumat (14/8/2020). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA — Hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Perguruan Tinggi Negeri (UTBK SBMPTN) diumumkan hari ini, Senin (14/6/2021) 15.00 WIB. Hasilnya, hanya sekitar 23 persen peserta yang lolos.

Ketua Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) Jamal Wiwoho menjelaskan, dalam seleksi ini yang diterima jumlahnya minimal 40 persen dari daya tampung PTN, Satker dan BLU, dan minimal 30 persen Perguruan Tinggi Badan Hukum.

Adapun, tahun ini berdasarkan data Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi Negeri (LTMPT), ada 137 perguruan tinggi yang terlibat.

Melihat data LTMPT, Jamal mengungkapkan rata-rata yang lolos hanya 23,78 persen. Artinya, cukup banyak atau 76,28 persen tidak berhasil.

"Jangan berkecil hati. Masih ada jalur lainnya, jalur mandiri. Sampai saat itu tentu tidak hanya PTN, banyak juga alternatif untuk menatap masa depan yang lebih baik," imbuh Jamal.

Sesditjen Kemdikbudristek Ainun Naim juga memberi semangat jika belum berhasil dalam seleksi ini.

"Yang belum sukses jangan bersedih, masih banyak jalan lain yang kemungkinan lebih baik dari perguruan tinggi. Masuk PTN pun masih ada jalan berikutnya. Dan semua mengikuti standar yang sama," jelas Ainun.

"Apa yang kita lakukan akan memberikan hasil terbaik. Kita bisa memperoleh talenta terbaik yang dibutuhkan perguruan tinggi," tambah Ainun.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sbmptn UTBK Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT)
Editor : Oktaviano DB Hana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top