Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Beasiswa LPDP Tahap I/2021 Resmi Diutup, 6.166 Orang Mendaftar

LPDP baru saja menutup pendaftaran tahap pertama. Pengumuman akan dilaksanakan pada 22 Juli 2021 bagi yang sudah memiliki LoA dan pada 30 Agustus 2021 bagi yang belum memiliki LoA.
LPDP /lpdp
LPDP /lpdp

Bisnis.com, JAKARTA - Lebih dari 6.166 aplikasi telah masuk untuk mendaftar beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) pada tahap I tahun 2021.

LPDP baru saja menutup pendaftaran tahap pertama yang dibuka sepanjang 4 Mei - 4 Juni 2021.

Berdasarkan pengumuman dari akun Twitter resmi LPDP pada Sabtu (5/6/2021), jumlah berkas pendaftaran yang masuk untuk beasiswa LPDP tahap I/2021 terdiri dari beasiswa umum (3.950), beasiswa afirmasi (1.282), dan beasiswa targeted (934).

Setelah tahap pengumpulan berkas akan dilakukan tiga tahap seleksi. Pertama, seleksi administrasi yang dilakukan mulai 2 - 10 Juni 2021. Adapun pengumuman hasil seleksi administrasi akan dilakukan pada 11 Juni 2021.

Kedua, seleksi substansi akademik dan kebangsaan pada 16 -19 Juni 2021. Pengumuman tes ini akan dilakukan pada 24 Juni 2021.

Pada tahap final, akan dilakukan seleksi wawancara yang akan digelar pada 5 - 16 Juli 2021 (bagi yang sudah memiliki LoA unconditional) dan 23 Juli - 25 Agustus 2021 (bagi yang belum memiliki LoA unconditional).

LoA unconditional adalah surat resmi dari perguruan tinggi yang menyatakan bahwa seseorang telah diterima di perguruan tinggi tanpa persyaratan.

Pengumuman penerimaan beasiswa akan dilaksanakan pada 22 Juli 2021 bagi yang sudah memiliki LoA dan pada 30 Agustus 2021 bagi yang belum memiliki LoA.

LPDP merupakan program beasiswa yang paling diminati oleh lulusan perguruan tinggi di Indonesia yang hendak melanjutkan studinya baik di dalam maupun luar negeri. Dana LPDP berasal dari pemerintah Indonesia melalui pemanfaatan Dana Pengembangan Pendidikan Nasional (DPPN).

Komponen beasiswa yang diterima pada setiap program magister dana doktoral juga sangat beragam, mulai dari dana pendidikan, biaya hidup, dan ada juga dana tambahan khusus bagi pendidikan dokter spesialis dan penyandang disabilitas.

Bagi yang belum sempat mendaftar, tidka perlu khawatir karena pendaftaran tahap II akan dibuka pada 1 Agustus - 8 September 2021.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nindya Aldila

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper