Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pimpinan KPK Pertimbangkan Usulan Pendundaan Pelantikan ASN

Pimpinan KPK akan melakukan rapat pembahasan terkait usulan penundaan pelantikan ASN di lingkungan KPK pada Senin, 31 Mei 2021.
Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron./Antara
Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron./Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengaku akan mempertimbangkan usulan pegawai yang meminta penundaan pelantikan menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) pada 1 Juni mendatang.

Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron mengatakan pimpinan KPK akan melakukan rapat pembahasan terkait usulan tersebut pada Senin, 31 Mei 2021.

“Solidaritas dari segenap pegawai KPK yang meminta agar pelantikan ditunda sangat kami hargai, karenanya akan kami bahas Senin besok,” kata Guhfron melalui pesan singkat, Minggu (30/5/2021).

Ghufron mengatakan pemilihan tanggal 1 Juni sebagai hari pelantikan punya makna simbolis, karena bertepatan dengan Hari Lahir Pancasila.

Dia ingin pelantikan itu menyimbolkan bahwa pegawai KPK sebagai warga negara yang Pancasilais. “Namun, solidaritas juga substansialnya merupakan pengamalan sila persatuan yang juga kami apresiasi, sehingga rencananya akan kami bahas besok Senin,” ujarnya.

Sebelumnya, sekitar 693 pegawai dari total 1.271 yang lolos Tes Wawasan Kebangsaan mengirimkan surat ke pimpinan meminta pelantikan ditunda. Para pegawai itu meminta agar pelantikan ditunda karena menganggap proses TWK masih bermasalah. Pegawai juga mengingatkan pimpinan mengenai pernyataan Presiden Joko Widodo dan Mahkamah Konstitusi bahwa proses alih status tidak boleh merugikan hak para pegawai.

Pernyataan Ghufron soal menimbang usulan pegawai itu diduga berbeda dari yang disampaikannya pada rapat sosialisasi dengan para pegawai yang digelar Jumat, 28 Mei 2021.

Menurut sumber yang mengetahui jalannya rapat, Ghufron mengatakan proses alih status pegawai membutuhkan pelantikan dan sumpah jabatan baru.

Dalam rapat yang diadakan secara daring itu, Ghufron diduga mewanti-wanti agar para pegawai datang ke pelantikan, bila tidak maka mereka tidak bisa menjadi ASN.

Dia juga meminta agar para pegawai KPK untuk menjaga kondusifitas dan tidak berupaya menggagalkan acara pelantikan yang dilakukan pada hari libur nasional tersebut.

“Anda boleh menyatakan Pak kami solider dengan teman-teman, silahkan itu pilihan Anda, yang penting jangan berupaya menggagalkan pelantikan yang kami akan laksanakan.”

Dihubungi melalui pesan tertulis, Ghufron belum memberikan respon ketika ditanya soal pernyataannya di dalam rapat itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo.Co

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper