Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kemenkes: 6 hingga 35 Persen Penerima Vaksin Bisa Tertular Covid-19

Meskipun sudah dua kali mendapat suntikan vaksin, tetap tidak aman berkerumun di kantor, restoran, mal, dan tempat wisata.
Mutiara Nabila
Mutiara Nabila - Bisnis.com 27 Mei 2021  |  14:23 WIB
Mutasi virus corona B117 - istimewa
Mutasi virus corona B117 - istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes) memberi peringatan bahwa setelah divaksin pun seseorang tidak bisa 100 bebas terbebas dari penularan Covid-19. Oleh karena itu, penggunaan masker, khususnya di tempat umum, juga tetap penting.

Melalui unggahan di Instagram, Kemenkes menjelaskan bahwa meskipun sudah dua kali mendapat suntikan vaksin, tetap tidak aman berkerumun di kantor, restoran, mal, dan tempat wisata.

“Jangan berkerumun, karena perlindungan vaksin Covid-19 [uji klinik 2020] baru 65 persen – 94 persen [Balitbangkes 2021]. Artinya 6-35 persen orang yang sudah divaksin Covid-19 dua kali masih berpotensi tertular Covid-19. Maka, di luar rumah harus selalu melakukan 5M,” tulis Kemenkes, Kamis (27/5/2021).

Adapun, berdasarkan data Satgas Covid-19, pada tes swab yang dilakukan ke 10,4 juta orang di Indonesia, ditemukan 1,7 juta orang positif Covid-19. Artinya, apabila semua orang dalam kerumunan di swab, setiap 6-7 orang berkerumun ada 1 orang positif Covid-19 tanpa gejala.

“Orang ini dapat menjadi sumber penularan dan menularkan ke banyak orang dalam kerumunan tersebut. Sementara, jika ada kerumunan, banyak orang tidak memakai masker, masker melorot, longgar, tipis, ramai berbicara, tertawa, sehingga memungkinkan Virus Corona akan menyebar,” imbuh Kemenkes.

Belum lagi, tidak semua hasil tes Covid-19 menunjukkan hasil yang benar. Orang yang dites bisa saja mendapatkan hasil negatif atau positif palsu.

Pasalnya, kepekaan alat tes disebutkan Kemenkes hanya 80-95 persen. Artinya, orang yang dites, kemudian melakukan perjalanan atau berada dalam kerumunan, sekitar 5-20 persen di antaranya bisa positif Covid-19 namun tidak terdeteksi.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona Covid-19 Vaksin Covid-19
Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top