Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Eks Menteri Kesehatan RI Dokter Terawan Agus Putranto menyuntikkan Vaksin Nusantara kepada Anggota DPR RI Dedi Mulyadi. - Istimewa
Premium

Jalan Terjal Vaksin Nusantara Terawan

27 Mei 2021 | 09:54 WIB
Pada April 2021, proses vaksin ini mendapat penolakan dari berbagai pihak, seperti ilmuwan dari LIPI, guru bersar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI), ilmuwan dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), para tokoh, perwakilan WHO, sampai mantan wakil presiden ikut menyuarakan untuk menghentikan penelitian Vaksin Nusantara.

Bisnis.com, JAKARTA – Usai mendapat berbagai penolakan, perjalanan penelitian Vaksin Nusantara, besutan mantan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, tetap dilanjutkan.

Terawan yakin Vaksin Nusantara bisa jadi “jawaban” menyelesaikan pandemi Covid-19.

Pada April 2021, proses vaksin ini mendapat penolakan dari berbagai pihak, seperti ilmuwan dari LIPI, guru bersar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI),  ilmuwan dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), para tokoh, perwakilan WHO, sampai mantan wakil presiden ikut menyuarakan untuk menghentikan penelitian Vaksin Nusantara.

Vaksin Nusantara dipermasalahkan lantaran sudah mulai proses penyuntikan vaksin sel dendritik ke sejumlah orang, dan melakukan uji klinis tahap 2 meski belum mengantongi izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Mereka yang disuntik antara lain: para anggota DPR RI, mantan Menteri BUMN di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) Dahlan Iskan, elite Partai Golkar Aburizal Bakrie, eks Menteri Kesehatan Siti Fadilah.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmidzi menyebut, bahwa penyuntikan anggota DPR itu adalah uji klinis fase kedua, dan untuk penggunaan secara massal selanjutnya, Vaksin Nusantara tetap menunggu izin dari BPOM.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top