Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Simak! Puasa Syawal: Niat, Tata Cara, dan Keutamaan

Anda bisa melaksanakan ibadah puasa sunnah di bulan Syawal. Berikut niat, tata cara, dan keutamaan puasa Syawal.
Ilustrasi puasa/strongpath
Ilustrasi puasa/strongpath

Bisnis.com, JAKARTA - Setelah Hari Raya Idulfitri, berakhirlah kewajiban umat Islam berpuasa satu bulan penuh saat Ramadan.

Memasuki bulan Syawal, ternyata ada amalan Sunnah yang bisa dilaksanakan kaum muslimin. Puasa Sunnah di bulan Syawal ternyata memiliki keutamaan luar biasa sebagaimana keterangan hadits Rasulullah SAW.

Sebenarnya, puasa Syawal dilakukan pada tangal 2-7 Syawal. Namun, Anda masih bisa melakukan puasa sunnah ini jika masih di dalam bulan Syawal.

Puasa Syawal memiliki beberapa keutamaan bagi yang menjalankannya, yaitu mendapatkan pahala yang melimpah. Selain itu, dengan melaksanakan puasa Syawal, Anda bisa menikmati nikmat seolah olah berpuasa seperti satu tahun penuh.

Dilansir dari akun Instagram Haramain atau Masjidil Haram Makkah (@Haramain_info) jika melakukan puasa pada 6 hari awal syawal akan mendapatkankan nikmat yang tiada tara.

Rasulullah SAW bersabda:

"Barangsiapa berpuasa selama bulan ramadhan dan kemudian mengikutinya dengan enam hari syawal akan (pahala) seolah-olah dia berpuasa sepanjang tahun" (HR Muslim).

Selain itu juga, keutamaan puasa Sunnah Syawal adalah, kita akan mendapatkan keutaam yang baik bagi yang menjalankannya.

Nabi Muhammad SAW menjelaskan hal ini ketika dia berkata:

"Barang siapa yang berpuasa selama enam hari setelah (Idul Fitri) telah menyelesaikan tahun. (Siapa yang melakukan perbuatan baik (hasanah) akan memiliki sepuluh hasanah seperti itu.". Menurut laporan orang lain: "Allah telah membuat untuk setiap hasanah sepuluh seperti itu, jadi sebulan itu seperti puasa sepuluh bulan, dan puasa enam hari menyelesaikan setahun.

Berikut adalah niat puasa Sunnah Syawal:

Nawaitu shauma ghadin ‘an adâ’i sunnatis Syawwâli lillâhi ta‘âlâ.

Artinya, “Aku berniat puasa sunnah Syawal esok hari karena Allah SWT.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper