Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jepang Gelontorkan US$700 Juta untuk Pendanaan Vaksin Covax

Target Fasilitas Covax adalah memberikan 1,8 miliar dosis vaksin di seluruh dunia.
Rezha Hadyan
Rezha Hadyan - Bisnis.com 12 Mei 2021  |  20:47 WIB
Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga (tengah) bersama Madam Suga Mariko (kedua kanan) melambaikan tangan setibanya di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (20/10/2020). Lawatan kenegaraan tersebut dalam rangka meningkatkan hubungan bilateral antarkedua negara.  - ANTARA\r\n
Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga (tengah) bersama Madam Suga Mariko (kedua kanan) melambaikan tangan setibanya di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (20/10/2020). Lawatan kenegaraan tersebut dalam rangka meningkatkan hubungan bilateral antarkedua negara. - ANTARA\\r\\n

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah Jepang berencana untuk memberikan sekitar US$700 juta tambahan dana bagi Fasilitas Covax, yang merupakan kerangka kerja internasional yang bertujuan memastikan distribusi vaksin virus Corona secara adil.

Target Fasilitas Covax itu adalah memberikan 1,8 miliar dosis vaksin di seluruh negara dan kawasan di dunia selambatnya pada akhir tahun ini.

Jumlah itu cukup untuk memvaksinasi sekitar 30 persen penduduk di negara berkembang. Fasilitas itu menyebutkan dibutuhkan dana US$8,3 miliar untuk proyek tersebut dan US$1,7 miliar dolar segera.

Melansir Perusahaan Penyiaran Jepang (Nippon Hoso Kyokai/NHK) pada Rabu (12/5/2021), Jepang telah berkontribusi dengan memberikan dana sekitar US$200 juta. Negara ini memutuskan untuk menawarkan dana tambahan, karena meyakini vaksinasi harus disediakan secara luas di seluruh dunia, agar pandemi dapat teratasi.

Perdana Menteri Suga Yoshihide diperkirakan akan menyampaikan pengumuman mengenai kontribusi tambahan itu dalam pertemuan puncak vaksin daring yang dijadwalkan digelar pada 2 Juni.

Pertemuan itu disponsori oleh Jepang dan Gavi, The Vaccine Alliance sebuah lembaga internasional yang berupaya agar vaksin lebih tersedia di negara-negara berkembang.

Pemerintah berencana untuk mendorong negara-negara lain ikut serta dalam pertemuan puncak itu dan memberikan dana bagi Fasilitas COVAX.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jepang Covid-19 Vaksin Covid-19
Editor : Yustinus Andri DP

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top