Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pengumuman! Beasiswa LPDP Sudah Dibuka. Ini Cara Daftar dan Syaratnya

Adapun registrasi online dilakukan melalui beasiswalpdp.kemenkeu.go.id. untuk program beasiswa reguler dan perguruan tinggi utama dunia.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 05 Mei 2021  |  10:04 WIB
Beasiswa LPDP Kementerian Keuangan RI 2020 resmi dibuka mulai 6 Oktober  -  Sumber: LPDP RI
Beasiswa LPDP Kementerian Keuangan RI 2020 resmi dibuka mulai 6 Oktober - Sumber: LPDP RI

Bisnis.com, JAKARTA - Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) sudah membuka pendaftaran beasiswa tahun 2021.

Di laman instagramnya, diinformasikan bahwa pembukaan pendaftaran bisa dilakukan secara online mulai 4 Mei 2021.

Adapun registrasi online dilakukan melalui beasiswalpdp.kemenkeu.go.id. untuk program beasiswa reguler dan perguruan tinggi utama dunia.

"Info lebih lanjut mengenai program beasiswa lainnya (afirmasi dan targeted group), akan kami sampaikan secara bertahap ya. Pantau terus perkembangan program beasiswa yang dibuka di website dan media sosial resmi LPDP #LPDPrens. Jangan sampai melewatkan kesempatan untuk turut menjadi bagian dari LPDP dan berkontribusi membangun negeri," tulis mereka.

Setidaknya ada 7 beasiswa yang ditawarkan tahun ini melalui laman beasiswalpdp.kemenkeu.go.id itu, yakni Beasiswa S2 / S3 LPDP, Beasiswa S1 / D4, Beasiswa S2 / S3 Dosen & Beasiswa Joint Degree / Dual Degree, Beasiswa S2 / S3 Non Dosen, Beasiswa Non Degree Ditjen Dikti, Beasiswa Non Degree Ditjen GTK, dan Beasiswa Non Degree Ditjen Diksi.

Bagi Anda yang ingin mendaftar, cukup buka laman beasiswalpdp.kemenkeu.go.id, kemudian pilih beasiswa yang diharapkan. Mengisi data yang diminta dan menyelesaikan seluruh persyaratan yang diberikan.

Untuk pendaftar beasiswa reguler, sasarannya adalah sebagai berikut

1. Warga Negara Indonesia (WNI) yang telah lulus sarjana atau sarjana terapan (S1/D4) yang memenuhi kualifikasi untuk program magister; dan
2. Warga Negara Indonesia (WNI) yang telah lulus magister atau magister terapan (S2), atau lulusan sarjana atau sarjana terapan (S1/D4) yang memenuhi kualifikasi untuk program doktoral, yang dibuktikan dengan LoA Unconditional untuk program doktoral.

Persyaratan Umum Pendaftaran Beasiswa

Daftar wajib memenuhi persyaratan pendaftaran sebagai berikut:

1. Warga Negara Indonesia;
2. Telah menyelesaikan studi program diploma empat (D4) atau sarjana (S1), atau program magister (S2)
3. Tidak sedang (on going) atau telah menempuh studi degree atau non degree program magister (untuk pendaftar program magister) ataupun doktoral (untuk pendaftar program doktoral) baik di perguruan tinggi dalam negeri atau perguruan tinggi di luar negeri.
4. Melampirkan surat izin mengikuti seleksi dari unit yang membidangi sumber daya manusia bagi yang sedang bekerja (format dapat diunduh pada aplikasi pendaftaran dibagian unggah dokumen);
5. Melampirkan Surat Keterangan sehat yang masa berlakunya paling lama 6 (enam) bulan terhitung dari tanggal diterbitkannya sampai tanggal penutupan pendaftaran setiap periode
6. Melampirkan surat rekomendasi dari pimpinan, tokoh atau pakar di bidangnya (format dapat diunduh pada aplikasi pendaftaran dibagian unggah dokumen);
7. Memilih program studi dan Perguruan Tinggi Tujuan yang sesuai dengan ketentuan LPDP;
8. Memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan pada persyaratan khusus pendaftaran beasiswa;
9. Memenuhi persyaratan Bahasa sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan pada persyaratan khusus pendaftaran beasiswa;
10. Ketentuan pada angka 9 dikecualikan bagi pendaftar yang menyelesaikan studi dari perguruan tinggi luar negeri dengan bahasa resmi
11. Pendaftar yang memenuhi ketentuan sebagaimana ketentuan pada angka 10, wajib melampirkan salinan ijazah sebagai pengganti persyaratan bahasa, dengan masa berlaku 2 (dua) tahun sejak ijazah diterbitkan.
12. Pendaftar program magister dan doktoral luar negeri yang negara tujuan studinya tidak berbasis Bahasa Inggris harus mengikuti persyaratan kemampuan bahasa yang berlaku di negara perguruan tinggi tujuan atau sesuai daftar persyaratan minimal kompetensi bahasa asing selain Bahasa Inggris sebagaimana terlampir.
13. Beasiswa hanya diperuntukkan untuk kelas reguler dan tidak diperuntukkan untuk kelas-kelas tertentu
14. Melampirkan rencana studi bagi program magister berdasarkan silabus/kurikulum program studi tujuan;
15. Menulis proposal studi baik pendaftar jenjang pendidikan magister maupun doktoral.
16. Melampirkan Proposal Penelitian bagi pendaftar program doktoral


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

beasiswa kuliah lpdp
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top